KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika meninjau dari kemampuan awal siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 25 siswa kelas XI. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan awal dan tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan awal sangat tinggi memiliki kemampuan berpikir kritis sangat tinggi. Siswa dengan kemampuan awal tinggi memiliki kemampuan berpikir kritis yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu tinggi dan rendah. Siswa dengan kemampuan awal cukup memiliki kemampuan berpikir kritis yang terbagi menjadi kategori empat, yaitu tinggi, cukup, rendah, dan sangat rendah. Siswa dengan kemampuan awal rendah memiliki kemampuan berpikir kritis yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu rendah dan sangat rendah. Siswa dengan kemampuan awal sangat rendah memiliki kemampuan berpikir kritis sangat rendah.
Full Text:
PDFReferences
Amir, Z., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Desti, E. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika pada peserta didik kelas VIII SMP PGRI 6 Bandar Lampung tahun ajaran 2017 /2018. [Skripsi] UIN Raden Intan Lampung.
Fatmawati, Darmono, & Purwoko. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah matematik. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 5(2), 196-201, https://doi.org/10.31604/eksakta.v5i2.196-201
Ginting, H., & Surya, E. (2017). Development learning device based for measuring contextual critical thinking skills students SD Class VI mathematical. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR). 33(3), 301-310. http://gssrr.org/index.php?journal=Jou rnalOfBasicAndApplied
Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa SMA di Bogor Timur. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2040
Ismaimuza, D. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan strategi konflik kognitif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan sikap siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10. https://doi.org/10.22342/jpm.4.1.305.
Jumaisyaroh, T., & Hasratuddin, E. E. N. (2016). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa SMP melalui pembelajaran berbasis masalah. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 5(1), 157-169. https://doi.org/10.12928/admathedu.v5i1.4786
Laman, E. G. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam memecahkan masalah matematika higher order thinking skills (hots) berdasarkan kriteria hadar ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas XII SMAN 5 Makassar, [dissertation], Universitas Negeri Makassar
Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis & PBL (Problem Based Learning).Yogyakarta: PT. Media Sahabat Cendekia.
Noor, F., & Ranti, G. M. (2019). Hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada pembelajaran matematika. MATH DIDACTIC: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 75–82. https://doi.org/10.33654/math.v5i1.470
Pertiwi, W. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik SMK pada materi matriks. Jurnal Pendidikan Tambusai,” 2(4), 793–801. ISSN:2614-3097
Razak, F. (2017). Hubungan kemampuan awal terhadap kemampuan berpikir kritis matematika pada siswa kelas VII SMP Pesantren Immim Putri Minasatene. Jurnal “Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika,” 6(1), 2086–4280. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv6n1_11/304
Rohmat, A. N., & Lestari, W. (2019). Pengaruh konsep diri dan percaya diri terhadap kemampuan kemampuan berpikir kritis matematis. JKPM: Jurnal
Safitri, R. M. (2022). Hubungan antara self-confidence dengan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika. [Skripsi] Universitas Lampung.
Siswono, T. Y. E. (2016). Berpikir kritis dan berpikir kreatif sebagai fokus pembelajaran matematika. Jurnal In Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Senatik 1) (pp. 11-26).
Sumantri, M. S. (2015).Strategi pembelajaran teori dan praktik di tingkat pendidikan dasar, Raja Grafindo Persada, Jakarta
Supena, I., Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2021). The influence of 4C (constructive, critical, creativity, collaborative) learning model on students’ learning outcomes. International Journal of Instruction, 14(3), 873–892. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14351a
Wahyudi, M., Suwanto, S., & Santoso. B. (2018). ). Kajian analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran,” 5(1), 67-82. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18003
Wiranata, S.P., Pramesti, G., & Pambudi, D. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII A SMP Negeri 8 Surakarta dalam memecahkan masalah lingkaran ditinjau dari gender dan kemampuan awal. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Solusi, 3(2), 172-182. ISSN 2614-03
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v17i2.28816
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika