PENTINGNYA ASESMEN DIAGNOSTIK KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
ABSTRACT
This study discusses the importance of cognitive diagnostic assessment in Mathematics learning. Assessment is needed to determine students' prerequisite understanding before learning new material, considering the interrelated mathematical concepts. This study uses a qualitative method with a literature study to collect information on the application of diagnostic assessment in the Independent Curriculum. The results of the study indicate that mastery of prerequisite material has a significant effect on students' mathematical literacy skills. Students who have a good understanding of basic mathematical concepts tend to find it easier to understand advanced material. This study concludes that cognitive diagnostic assessment should be applied routinely to help educators design learning that suits students' needs.
ABSTRAK
Penelitian ini membahas pentingnya asesmen diagnostic kognitif dalam pembelajaran Matematika. asesmen diperlukan untuk mengetahui pemahaman prasyarat peserta didik sebelum mempelajari materi baru, mengingat konsep matematika yang saling berkaitan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengang studi kepustakaan untuk mengumpulkan informasi mengenai penerapan asesmen diagnostik dalam Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasamateri prasyarat berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik. Peserta didik yang memiliki pemahaman yang kuat tentang konsep dasar matematika cenderung lebih mudah dalam memahami materi lanjut. Penelitian ini menyumpulkan bahwa asesmen diagnostik kognitif harus diterapkan secara rutin untuk membantu pendidik merancang pembelajaran yang sesuai kebutuhan peserta didik.
References
Anizar & Sardin. (2023). Evaluasi pada Kurikulum Merdeka dan Pemanfaatan Hasil Penilaiannya. Edupedia Publisher: Aceh Besar.
Ardiansyah, dkk. (2023). Asesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Literasi dan Pembelajaran: 3(1).
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ediyanto. (2016). “Penilaian Formatif Dan Penilaian Sumatif”. diakses pada: & Oktober 2023, https://yudharta.ac.id/id/2016/11/penilaian-formatif-dan-penilaian-sumatif/.
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Jurnal Pendidikan Matematika. 2(3).
Hadi, S. (2005). Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin Tulip Banjarmasin.
Hardani, dkk. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
I Made, I., & Cahyaningrum, I. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Kamarullah. 2017. Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: 1(1).
Kemendikbud. (2020). “Buku Saku Asesmen Diagnosis Kognitif Berkala”, diakses 8 Oktober 2023, https://repositori.kemdikbud.go.id/19080/1/FINAL%20Buku%20saku%20Asesmen%20Kognitif%20Berkala.pdf
____________. (2021). “Asesmen Diagnostik”, diakses 8 Oktober 2023, https://cdn-gbelajar.simpkb.id/s3/p3k/PPB/modul%20asesmen%20PPB/Sesi%201%20%20Asinkron%20-%20Eksplorasi%20Konsep%20-%20B.%20Asesmen%20Diagnostik.pptx.pdf.
____________. (2022). “Karakteristik Asesmen Kurikulum Merdeka, Jenis dan fungsinya Karakteristik Asesmen Kurikulum Merdeka, Jenis dan fungsinya”, diakses pada 8 Oktober 2023, https://kurikulummerdeka.com/karakteristikasesmen-kurikulum-merdeka-jenis-dan-fungsinya/.
____________. (2022). “Kurikulum Merdeka”, diakses 7 Oktober 2023, https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/
____________. (2022). “Panduan Pembelajaran dan Asesmen”, diakses 7 Oktober 2023, https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Panduan-Pembelajarn-dan-Asesmen.pdf
Khoirurrijal, dkk. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Komalawati, R. (2020). Manajemen Pelaksanaan Tes Diagnostik Awal Di Sekolah Dasar Pasca Belajar Dari Rumah Untuk Mengidentifikasi Learning Loss. Jurnal Edupena, 1(2).
Memolo, T. 2018. Mengaitkan Aspek Materi Prasyarat dalam Soal Eksplorasi Olimpiade Guru Nasional Matematika SMP Tahun 2017. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Muslina. (2017). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik Kelas 2 SDN 133 Pekanbaru Melalui penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Learning). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).
Nasution, S. W. (2022). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Mahesa Center, 1(1).
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematik. 2(2).
Oktavianingtyas, E. (2015). Media untuk Mengefektifkan Pembelajaran Operasi Hitung Dasar Matenatika Peserta didik Jenjang Pendidikan Dasar. Pancaran, 4 (4).
Putri, A. P., dkk. (2014). Pengaruh Penguasaan Materi Prasyarat Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas VIII SMPN 1 Sinjai Timur. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2(1).
Rahayu, R., dkk. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4).
Rusilawati, A. (2015). Pengembangan Tes Diagnostik Sebagai Alat Evaluasi Kesulitan Belajar Fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, 6(1).
Sriyanti, I. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.
Usman, M. R. & Kristiawati. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Peserta didik Ditinjau dari Penguasaan Materi Prasyarat. JES-MAT, 8(1).
Warasini, N. P. (2021). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Merancang Asesmen Diagnostik melalui Kegiatan Webinar Pada Sekolah Binaan. Jurnal Inovasi, 7(7).
Winanto, A. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik tentang Materi Transformasi dengan Menguatkan Materi Prasyarat pada Mata Pelajaran Matematika. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media. 3(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v18i1.28830
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika