KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII

Latifah Tazkiyatunnisa, Supardi U.S

Abstract


Penelitian ini mengkaji hubungan antara disposisi matematis, kemampuan pemecahan masalah, dan kemampuan berpikir aljabar pada siswa SMP kelas VIII. Dengan menggunakan desain korelasional, studi ini melibatkan 61 siswa dari SMP IT At-Taubah Karawang. Data dikumpulkan melalui Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (TKPMM), Tes Kemampuan Berpikir Aljabar (TKBA), dan Skala Disposisi Matematis (SDM). Hasil menunjukkan korelasi positif yang signifikan antara disposisi matematis dengan kemampuan pemecahan masalah (r = 0,59) dan kemampuan berpikir aljabar (r = 0,55). Analisis regresi mengungkapkan bahwa disposisi matematis secara signifikan memprediksi kedua kemampuan tersebut. ANOVA satu arah menunjukkan perbedaan signifikan dalam kemampuan matematis antara kelompok siswa dengan tingkat disposisi berbeda. Profil kemampuan siswa mengidentifikasi kelemahan dalam aspek pelaksanaan rencana, verifikasi hasil, dan generalisasi aljabar. Temuan ini menyoroti pentingnya pengembangan disposisi matematis positif sebagai bagian integral dari pendidikan matematika SMP dan memberikan implikasi untuk pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran.

Kata kunci: Disposisi matematis, Pemecahan masalah matematika, Berpikir aljabar


Full Text:

PDF

References


Adhyan, Amelia Rahmah, and Sutirna Sutirna. 2022. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Pada Materi Himpunan.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 5(2):451. doi: 10.22460/jpmi.v5i2.10289.

Aziz, Saddam Al. 2022. “Analisis Keterampilan Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbasiskan Langkah Pemecahan Masalah Menurut Polya.” Euclid 9(2):110–29. doi: 10.33603/e.v9i2.8484.

Farida, Ida, and Dori Lukman Hakim. 2021. “Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 4(5):1123–36. doi: 10.22460/jpmi.v4i5.1123-1136.

Firdaus, Ilmi Aliyah, Irwani Zawawi, and Sri Suryanti. 2022. “Pengaruh Pendekatan Matematis Realistik Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik.” 5(4):983–94. doi: 10.22460/jpmi.v5i4.983-994.

Habibah, Sri Rohmi, and Tina Rosyana. 2023. “DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI ARITMETIKA SOSIAL BERDASARKAN POLYA ’ S STEPS.” 6(6):2207–20. doi: 10.22460/jpmi.v6i6.20871.

Hakim, Arif Rahman. 2019. “Menumbuhkembangkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika.” Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika 5(80):555–64.

Hanifah, Khusnul, and Fatia Ainur Rosyida. 2024. “Implementasi Empat Pilar Pendidikan UNESCO Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di MIS Muhammadiyah 4 Jetis Ponorogo.” 5(2):174–95. doi: 10.55380/tarbawi.v5i2.838.

Herutomo, Rezky Agung, and Masrianingsih Masrianingsih. 2019. “Pembelajaran Model Creative Problem Solving Untuk Mendukung Higher- Order Thinking Skills Berdasarkan Tingkat Disposisi Matematis.” 6(2).

Khoirunnisa, Asyifa, Nisvu Nanda Saputra, and Yenni. 2021. “Hubungan Disposisi Matematika Dengan Kemampuan Komunikasi Matematis.” Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M) 4(1):91–104. doi: 10.30762/factor_m.v4i1.3404.

Leonisa, Isnainia, and Joko Soebagyo. 2022. “Strategi Siswa Dan Langkah Polya Dalam Penyelesaian Masalah Matematis Berbasis HOTS.” Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika 5:77–86. doi: 10.30605/proximal.v5i2.1852.

Lestari Pratiwi, Gita, and Budhi Akbar. 2022. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Computational Thinking Matematis Siswa Kelas Iv Sdn Kebon Bawang 03 Jakarta.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 8(1):375–85. doi: 10.36989/didaktik.v8i1.302.

Machmud, Tedy, Rinaldi A. Pusi, and Khardiyawan A. Y. Pauweni. 2022. “Deskripsi Disposisi Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus 1.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 11(3):349–58. doi: 10.31980/mosharafa.v11i3.726.

Mardliyah, Shibi Zuharoul, Adelia Putri Salsabilla, Nur Luthfi, and Rizqa Herianingtyas. 2023. “STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS.” 6.

Prasetiyo, Mochammad Bagas, and Brillian Rosy. 2021. “Model Pembelajaran Inkuiri Sebagai Strategi Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Model Pembelajaran Inkuiri Sebagai Strategi Mengembangkan Kemampuan ….” 9:109–20.

Pratiwi, Gusti Ayu Nyoman Ratih Arik. 2023. “Pengaruh Implementasi Manajemen Kelas Berbasis Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Di SMAN 4 Denpasar.” 4:2911–20.

Radiusman, Radiusman. 2020. “Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika.” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 6(1):1. doi: 10.24853/fbc.6.1.1-8.

Rosnawati. 2011. “Kinerja Dan Disposisi Matematis Siswa Melalui Penerapan Model.” 5158:44–55. doi: 10.24815/jp.v7i2.13746.

Sari, Cicilia Puspita, and Aryo Andri Nugroho. 2019. “Analisis Berpikir Aljabar Siswa Pada Materi Pola Bilangan.” Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (4th Senantik) Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPATI-UNIVERSITAS PGRI SEMARANG Semarang, 15–26.

Thoyyibah, Rifqoh. 2024. “Investigasi Kemampuan Berpikir Aljabar Peserta Didik Dalam Pemecahan Masalah Matematika.” 10(1):53–63. doi: 10.15575/ja.v10i1.30022.

Zulkarnain, Rezkie, Apri Kurniawan, and Varetha Lisarani. 2023. “Fleksibilitas Kognitif Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Atas Cognitive Flexibility in Learning Mathematics Senior High School.” (September):81–89.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v17i2.29049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika