PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK KANSAI PEKANBARU

Andoko Ageng Setyawan, Dumora Simbolon

Abstract


ABSTRACT

The aim of this research is to know influence of emotional intelligence toward student’s mathematic score in SMK Kansai Pekanbaru. The Population of this research is all students who number 191 students in SMK Kansai Pekanbaru at the academic years 2016/2017. The instrument used in the research is emotional intelligence questionaire. The data were descriptive and quantitative analyzed using linear and regression test. The result of this research showed that were influenced emotional intelligence toward student’s mathematic score. The linearity score is 0.042 which lower than significant score is 0.05. It has linear connection between emotional intelligence and mathematic score. And the regression score is 0.044 which lower than significant score is 0.05 until there were influenced emotional intelligence toward student’s mathematic score. The Determination coefficient score   is 0.021, the mean of that emotional intelligence factor influenced toward student’s mathematic score until 2.1%, and more of that influenced by other factors. The result of regression analize got constant score is 53.77 and regression coefficient for emotional intelligence variable is 0.25. Therefore, the simple regression equation is Y = 53,77 + 0,25X.

 

Keywords: Emotional Intelligence, Mathematic Score


Full Text:

PDF

References


Daud, Metsi. (2010). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Teknik. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol.01, No.01.

Fauziah. (2015). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester II Bimbingan Konseling UIN AR-RANIRY. UIN AR-RANIRY: Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol.01, No.01.

Goleman, Daniel. (2015). Emotional Intelegence, Kecerdasan Emosional “Mengapa EI Lebih Penting dari IQ”. Terjemahan oleh T Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Gusniwati, Mira. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk. Jurnal Formatif. ISSN: 2088-351X.

Khaerunnisa, Etika. (2016). Studi Deskriptif Adversity Quotient Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Berdasarkan Jenis Kelamin dan Kemampuan Mahasiswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. Vol. 9 No. 1. Tersedia pada: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/983/784.

Musfiqon. (2012). Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Prawira, Purwa Atmaja. (2012). Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA

Rafika Dewi Satriani. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V di SD Negeri Rejowinangun I Yogyakarta. Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Rusmana, Indra Martha, dkk. (2017). Pengembangan Metode Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Ganda terhadap Motivasi dan Sikap Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. Vol. 10 No. 1. Tersedia pada: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/1195/958.

Setyawan, Andoko Ageng, dkk. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Connecting – Organizing – Reflecting - Extending (CORE) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Koneksi Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. Vol. 7, No. 2.

Suharti, dkk. (2015). Pengaruh Pola Asuh Demokratis, Interaksi Sosial Teman Sebaya, Kecerdasan Emosional dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN Se Kecamatan Manggala Di Kota Makasar. Jurnal Daya Matematis. Vol.03, No.01.

Umriyati. (2015). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Hasil Belajar Matematika Di SMP PGRI Sedati. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.3, No.1.

Yapono, Farid & Suharnan. (2013). Konsep-Diri, Kecerdasan Emosi Dan Efikasi Diri. Jurnal Psikologi Indonesia. Vol.02, No,03.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika