STRATEGI GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMA

Padma Mike Putri M, Tatang Mulyana

Abstract


ABSTRACT

This research is based on the lack of mathematical reasoning skills of students. we need a strategy to encourage students to develop mathematical reasoning ability. Learning strategy group investigation allows students to develop mathematical reasoning skills. The aims of this study are to examine the improvement of mathematical reasoning abilities of students who get group investigation and students who get regular learning. Design of this studi is the design of a control group of non-equivalence in order to obtain samples of class X in one of SMA in Solok of two classes using purposive sampling technique. Instruments of this study includes tests of mathematical reasoning ability. Based on the analysis of information found that Improvement of student’s mathematical reasoning ability who got group investigation learning better than students who got the regular learning.

Keywords: Mathematical Reasoning, Group Investigation Learning, Regular Learning


Full Text:

PDF

References


Ansari, B. (2003). Menumbuhkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematik Siswa SMU Melalui Strategi Think-Talk-Write. Disertasi pada SPs UPI Bandung. Tidak diterbitkan.

Elvis, E.N. (2011). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Atas Kemampuan Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis serta Sikap terhadap Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi. SPS UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.

Badjeber, R. (2017). Asosiasi Kemampuan Penalaran Matematis Dengankemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Inkuiri Model Alberta. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Vol. 10 No. 2. (online), (http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM), diakses 15 januari 2018.

Ibrahim. (2011). Peningkatan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, dan Pemecahan Masalah Matematis serta Kecerdasan Emosional melalui Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa SMA. Disertasi. SPS UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.

Kemendiknas. (2013). Permendiknas Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Kemendiknas.

Mahuda, I. (2017). Pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op Dengan Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Vol. 10 No. 2. (online), (http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM), diakses 15 januari 2018.

Sharan, S. (2012). The Cooperative Learning. Yogyakarta: Familia.

Slavin, R. E. (2009). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sumarmo, U. (2013). “Evaluasi Pembelajaran Matematika”. Artikel dimuat dalam Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. UPI. Tidak dipublikasikan.

Twenty, A F, dkk. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dengan Menggunakan Catatan Kecil untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Vol. 10 No. 2. (online), (http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM), diakses 15 januari 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika