Etnomatematika pada Ritual Gunung Srandil dalam Penentuan Kecocokan Pasangan

Dini Nur Mauliyana, Dian Ageng Nurfitriani, Anggun Badu Kusuma

Abstract


Neptu merupakan sistem kepercayaan lokal yang menggabungkan nilai budaya dan pola numerik yang biasa digunakan oleh masyarakat di sekitar Gunung Srandil. Dalam konteks etnomatematika, neptu mencerminkan integrasi antara budaya tradisional dan konsep-konsep matematika, menunjukkan bahwa praktik budaya dapat merepresentasikan prinsip-prinsip matematika secara implisit. Penelitian ini berfokus pada penggunaan neptu dalam menentukan kecocokan pasangan berdasarkan ritual di Gunung Srandil. Dengan menggunakan metode pendekatan etnografi, observasi dilakukan terhadap praktik ritual serta wawancara mendalam dengan pelaku adat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan neptu secara implisit menggunakan konsep modulo, di mana sisa hasil bagi (modulus) yang didapat kemudian diinterpretasikan secara filosofis sebagai dasar kecocokan pasangan. Temuan ini tidak hanya mengungkap hubungan antara tradisi neptu dan matematika modern, tetapi juga memperkaya wawasan tentang bagaimana matematika hidup dalam kebudayaan lokal. Penelitian ini mempertegas posisi etnomatematika sebagai jembatan antara ilmu modern dan tradisi, serta pentingnya menggali warisan budaya sebagai bagian dari kajian matematika yang lebih luas.


Full Text:

PDF

References


Agustina, L. O., Sunardi, S., & Susanto, S. (2016). Etnomatematika pada Penanggalan Jawa terkait Aritmetika di Desa Yosomulyo. Kadikma, 7(1), 23–33. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/kdma.v7i1.5465

Alangui, W. V. (2010). STONE WALLS AND WATER FLOWS: Interrogating Cultural Practice and Mathematics [The University of Auckland]. https://researchspace.auckland.ac.nz/handle/2292/5732.

Aulia, L., & Rista, L. (2019). Identifikasi Konsep Matematika Melalui Aktivitas Etnomatematika Petani Sawah. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 2(2), 110–117. https://doi.org/10.31539/judika.v2i2.857

Darmayasa, J. B., Wahyudin, W., & Mulyana, T. (2019). Ethnomathematics: Predicting the Average Height of the Bali Mula Ancestors using Linear Regression. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(1), 1–8. https://doi.org/10.25273/jipm.v8i1.3863

Fitriani, I. A., Somatanaya, A. A. G., Muhtadi, D., & Sukirwan, S. (2019). Etnomatematika: Sistem Operasi Bilangan pada Aktivitas Masyarakat Jawa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(2), 94–104. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jarme.v1i2.779

Kirana, A., Ihsanudin, I., & Khaerunnisa, E. (2024). Eksplorasi Etnomatematika pada Anyaman Topi Bambu Kabupaten Tangerang. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 17(1), 40–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v17i1.28399

Mardiyana, E., Dienaputra, R. D., Yuliawati, A. K., Novianti, E., & Khadijah, U. L. S. (2021). Potensi Wisata Religi Serta Makna Ziarah di Gunung Srandil Kabupaten Cilacap. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2263–2272.

Marsigit, M. (2016). Pembelajaran Matematika dalam Perspektif Kekinian. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 132–141.

Peni, N. R. N., & Baba, T. (2019). Consideration of Curriculum Approaches of Employing Ethnomathematics in Mathematics Classroom. Journal of Physics: Conference Series, 1321(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032125

Prahmana, R. C. I., Yunianto, W., Rosa, M., & Orey, D. C. (2021). Ethnomathematics: Pranatamangsa System and The Birth-death Ceremonial in Yogyakarta. Journal on Mathematics Education, 12(1), 93–112. https://doi.org/10.22342/JME.12.1.11745.93-112

Sudihartinih, E. (2020). Ethnomathematics in Measuring Rice Field Areas in One of The Areas in Indramayu. Matematika Dan Pembelajaran, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.33477/mp.v8i1.1183

Sukrawati, N. M., & Putri, N. K. A. K. (2021). Mendidik Kesadaran Individu Berdasarkan Wariga Belog:(Membangun Relasi Harmonis Manusia Dengan Alam). Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 21(2), 87–94. https://doi.org/https://doi.org/10.32795/ds.v21i2.2134

Supriadi, S., Susilawati, S., & Tristyanto, B. (2019). Ethnomathematics in mathematics, social and physical education. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012126

Suraida, S., Supandi, S., & Prasetyowati, D. (2019). Etnomatematika pada Perhitungan Weton dalam Tradisi Pernikahan Jawa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 172–176. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4464

Susilo, B. E., & Widodo, S. A. (2018). Kajian Etnomatematika Dan Jati Diri Bangsa. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 121–128. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/indomath.v1i2.2886

Utami, N. W., Sayuti, S. A., & Jailani, J. (2022). An Ethnomathematics Study on the Javanese Astrology. Indonesian Journal of Ethnomathematics, 1(1), 43–54. https://doi.org/10.48135/ije.v1i1.43-54

Winarno, K. (2015). Memahami Etnografi Ala Spradley. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.18784/smart.v1i2.256

Windiani, W., & Rahmawati, F. N. (2016). Menggunakan Metode Etnografi dalam Penelitian Sosial. DIMENSI - Journal of Sociology, 9(2), 87–92. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/djs.v9i2.3747




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v18i2.30593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika