PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA UNTUK PESERTA DIDIK TUNA GRAHITA RINGAN
Abstract
The purpose of this study was to develop appropriate teaching materials and in accordance with mathematics learning for intellectual disabilities students. The development of learning design used refers to the instructional development model (MPI) by Atwi Suparman. The instructional development model includes the definition phase, the development stage, the stage of designing and implementing formative evaluations. The quality of mathematics teaching materials in the form of LKS for intellectual disabilities students based on expert is good. Teaching materials in the form of LKS are expected to facilitate teachers and parents to assist intellectual disabilities students in understanding mathematical material.
Keywords: Mathematics Learning Module, Mild Mentally Retarded
Full Text:
PDFReferences
Effendi. 2006. Pengantar Psikopedogogik Anak berkelainan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Farida, dkk. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Gamifikasi Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, vol 11 No. 2, Tersedia pada: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/3765/2759.
Mumpuniarti. (2010). Pembentukan Peta Kognitif Tunagrahita Ringan Dalam Penguasaan Konsep Pengukuran di Bidang Berhitung dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 16).
Pamungkas, Aan Subhan, dkk. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Untuk Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, vol 9 No. 2, Tersedia pada: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/995/796.
Puskur. 2002. Kurikulum dan Hasil Belajar. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta : Balitbang Depdiknas.
Prastowo. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kunatitatif, Kualitatif, dan R&D.Cet.15. Bandung : Alfabeta.
Suparman, M. Atwi. 2014. Desain Instruksional Modern Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan. Jakarta : Erlangga.
Widjajanti, Endang. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa (staff.uny.ac.id/system/files/pengabdian/endang/kualitas-lks.pdf), diakses pada tanggal 23 April 2018, 13.00 PM.
Yandari, Indhira Asih V, dkk. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Terstruktur Untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Dalam Merancang Media Hands On Activity Serta Lembar Kerja Eksploratif Pendamping. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, vol 11 No. 1, Tersedia pada: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2983/2314.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4855
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika