KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA DAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DI SMP NEGERI 20 PALEMBANG
Abstract
This research is aimed to know the influence of Think Pair Share (TPS) learning model on students' mathematical concept comprehension in terms of self efficacy of SMP Negeri 20 Palembang students. The method used is the experimental method with a population of 316 students and samples taken as many as 63 students. One experimental class of 32 students who received treatment model Think Pair Share (TPS) and one control class were 31 students who received conventional learning treatment. Data were analyzed by using two-way ANOVA. Based on the analysis of research results indicate that there is influence of learning model of Think Pair Share (TPS) to students' mathematical concept, there is influence of concept comprehension ability in terms of student self efficacy, and there is no interaction between Think Pair Share (TPS) and self efficacy to the ability of understanding mathematical concepts of students of class VII SMP Negeri 20 Palembang.
Keywords: Ability to Understand Mathematical Concepts, Self Efficacy, Think Pair Share
Full Text:
PDFReferences
Atmaja, Sukardi. 2012 ” Pengaruh Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan team games tournaments ditinjau dari motivasi berprestasi” Vol 1, NO 2.
Destiniar. 2016”Pengaruh Media Pembelajaran Adobe Flash Player Dan Infokus Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Palembang” JPPM Vol 9 No2.
Destiniar. 2018 “Realibilitas Inter Rater Instrument Tes Matematika Menggunakan Rater”JPM RAFA Vol 4 no 1,Juni..
Fitri, Irma. 2017 “Peningkatan Self Efficacy Terhadap Matematika dengan Menggunakan Modul Matematika Kelas VIII SMPN 2 Bangkinang”, Vol 1 No.2, November.
Gani, Abdul. 2015 “Pegaruh dan persepsi tentang matematika terhadap minat dan hasi belajar matematika siswa smp negeri di keamatan salomeko kabupate bone, Vol 3, No 3, November 2015.
Hamzah, Ali. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Hendriana, Heris dan Utari Soemarmo. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Hilmi, Naihul, 2017“Korelasi Self Efficacy terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Semester Pendek Mata Kuliah Trigonometri Unrika”, vol.6 No.3,).
Huda, Miftahul. 2015. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogjakarta : Pustaka Pelajar.
Kurniawan, Kiki.2014. ”Pengaruh Model Pembelaaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa”, Vol 2 No.8, bulan 2014.
Palino, Novita Silvany dan Ikman. 2015 “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kendiri”.JPPM. Vol 3 No 1. Januari.
Ramlam. 2013 “Meningkatkan Self-Efficacy pada Pembelajaran Matematika melalui Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas VII SMPN 2 Makasar”, Vol 1 No.1, Desember .
Riawan, I wayan Eko, dkk. 2014 “Pengaruh Model Pembelajran Kooperatif tipe TPS terhadap pemahaman konsep matematis siswa”. Vol 2 No.5 .
Rindawati. 2015. “Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Semendawai”. Skripsi FKIP UPGRI Palembang. Tidak diterbitkan.
Rohaenur. 2014. “Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Pecahan pada Siswa Kelas IVB SDLB SUKOHARJO, MARGOREJO, PATI”. jurnal pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Salam, Reskiwati.2014 “Efektifitas Penggunaan Model Pembelajran Kooperatif Tipe TPS Untuk Menngkatkan Kepercayaan Diri dan Komunikasi Matematis siswa SMAN 9 Makasar”, Vol 20 No.2, Desember.
Sari, Ida Ratna, dkk. 2017“Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Learning cell Terhadap Pemehaman Konsep Matematis Siswa kelas VII SMPN 4 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman”, Vol 3 No.1, April .
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogjakarta:AR-RUZZ MEDIA.
Sirajuddin, Nurasia dan Hafiludin Sampradja. 2015”Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Siswa Kelas VII E SMP Negeri 7 Kendiri”, JPPM Vol 3 No 3. Mei.
Subaidi, Agus. 2016 “Self Efficacy Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika”, dalam Sigma, Vol .01 No.02.
Supardi, 2015.“Penelitian Autentik Pembelajaran Afektif,Kognitif dan Psikomotor konsep”, Jakarta: Rajawali Pers.
Susanti, Eka. 2016. “Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Tipe think Pair Share terhadap pemahaman konsep Siswa pada Mata pelajaran Matematika di SMP Negeri 37 Palembang”. Skripsi FKIP UPGRI Palembang. Tidak diterbitkan.
Syahbana, Ali. 2012 “Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP melalui pendekatan Contextual Teaching And Learning”. Vol.2 No.1.
Wardhani, Sri. 2008. Analisis SI dan SKL pada mata pelajaran Matematika SMP/MTS untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran matematika. Yogjakarta: pusat pengembangan dan pemberdayaan pendidikan dan tenaga kependidikan matematika.
Zulkarnain, Iskandar, dkk. 2015 “Penerapan Model Pembelajaran TPS Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama”, Vol 3 No.1, April
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4859
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika