ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DAN LINGKARAN
Abstract
Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika sering dianggap murni kesalahan siswa itu sendiri, padahal bisa saja kesalahan tersebut dikarenakan gaya mengajar guru yang kurang dipahami siswa. Dengan menganalisis jenis-jenis kesalahan siswa serta mengetahui letak-letak kesalahan siswa, akan menjadi suatu evaluasi bagi guru untuk memperbaiki cara mengajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan; (1) jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal teorema Pythagoras dan lingkaran, (2) penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal teorema Pythagoras dan lingkaran, dan (3) solusi untuk meminimalkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal teorema Pythagoras dan lingkaran. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif dengan subjek penelitian adalah 10 siswa dari SMP Bukit Raya Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) terdapat 4 jenis kesalahan yang dilakukan siswa yaitu kesalahan konsep sebesar 20%, kesalahan fakta sebesar 5%, kesalahan prinsip sebesar 6%, dan kesalahan operasi sebesar 11%; (2) penyebab kesalahan siswa yaitu kurang memahami materi prasyarat untuk materi teorema Pythagoras dan lingkaran, kurang teliti dalam menyelesaikan soal, kurang memahami bahasa soal, dan materi sering diberikan guru tanpa dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari; (3) solusi untuk meminimalkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal yaitu memberikan pemahaman mengenai konsep penyederhanaan bentuk akar sebelum mempelajari materi teorema Pythagoras dan konsep garis dan sudut sebelum mempelajari materi lingkaran, mengadakan kompetisi ringan di dalam kelas untuk memotivasi siswa agar selalu teliti dalam menyelesaikan soal, dan sering menggunakan media atau alat peraga sederhana yang dapat disimulasikan di dalam kelas.
Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Teorema Pythagoras, Lingkaran
Full Text:
PDFReferences
Amelia, S. (2015). Pengaruh Accelerated Learning Cycle terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(2), 122–124. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.5744
Badjeber, R & Mailili, W.H. (2018). Analisis Pengetahuan Prosedural Siswa Kelas SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(2), 41-54.
Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. (H. P. Soetjipto, & S. M. Soetjipto, Trans.) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fitria, T. N. (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbahasa Inggris pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. MATHEdunesa, 2(1). Retrieve from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/14233
Hidayah, S. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Paper presented at Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Kanjuruhan Malang.
Khasanah, U. (2015). Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Siswa SMP. Retrieve from http://eprints.ums.ac.id/32806/20/10.%20ARTIKEL%20PUBLIKASI.pdf
Kurniadi, G & Purwaningrum, J.P. (2018). Kesalahan Siswa pada Kategori Kemampuan Awal Matematis Rendah dalam Penyelesaian Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(2), 55-66.
Kurniasari, I. (2007). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Surabaya dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Nonlinear Dua Variabel. (Unpublished master thesis). Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.
Minarni, A., Lubis, S.D & Annajmi. (2018). Kemampuan Berpikir Matematis dan Aspek Afektif Siswa. Medan: Harapan Cerdas Publisher.
Mulyani, M & Muhtadi, D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Tipe Higher Order Thinking Skill Ditinjau dari Gender. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 1-16.
Mutia. (2017). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Memahami Konsep Kubus Balok dan Alternatif Pemecahannya. Beta jurnal tadris matematika, 10(1), 83-102.
Rahmania, L & Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165-174.
Riyanto, B & Siroj, R.A. (2011). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Prestasi Matematika dengan Pendekatan Konstruktivisme pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 111-128
Rohmah, M., & Sutiarso, S. (2018). Analysis Problem Solving in Mathematical using Theory Newman. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 671–681. https://doi.org/10.12973/ejmste/806300
Rumasoreng, M.I & Sugiman. (2014). Analisis Kesulitan Matematika Siswa SMA/MA dalam Menyelesaikan Soal Setara UN di Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 22-34.
Saragih, S. (2011). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistic dan Kelompok Kecil untuk Meningkatkan Kemampuan Keruangan, Berpikir Logis dan Sikap Positip terhadap Matematika Siswa Kelas VIII. (Unpublished dissertation). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Sepeng, P. & Sigola, S. (2013). Making Sense of Errors Made by Learners in Mathematical Word Problem Solving. Mediterranean Journal of Social Sciences. https://doi.org/10.5901/mjss.2013.v4n13p325
Sudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, N & Rivai, A. (2017). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Umam, M.D. (2014). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan. MATHEdenusa jurnal ilmiah pendidikn matematika, 3(3), 131-134.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v12i2.6157
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika