DESAIN BAHAN AJAR LEMBAR AKTIVITAS TERSTRUKTUR UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN SELF-ESTEEM MATEMATIS MAHASISWA
Abstract
Keywords: Structured Activity Sheet, Reasoning, Self-Esteem
Full Text:
PDFReferences
Alamsyah. (2002). Suatu Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Analogi Matematika.Tesis UPI Bandung: tidak diterbitkan.
Alhadad, S. F. (2010). Meningkatkan Kemampuan Representasi Multipel Matematis, Pemecahan Masalah Matematis, dan Self Esteem Siswa SMP Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open-Ended. Bandung: Disertasi SPsUPI. Tidak diterbitkan.
Baumeister, R. F., Campbell, J. D., Krueger, J. I., & Vohs, K. D. (2003). Does high self-esteem cause better performance, interpersonal success, happiness, or healthier lifestyles? Psychological science in the public interest, 4(1), 1-44.
Depdiknas. (2003). UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.
Happy & Widjajanti. (2014). Keefektifan PBL Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis, Serta Self-Esteem Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Volume 1, Nomor 1, Mei 2014.
Herdian. (2010). Kemampuan Berpikir Analitis. Tersedia pada: http://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-berpikir-analitis/ Diunduh pada 27 Mei 2015.
Hernawati, T. (2014). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Logis Matematis serta Self-Esteem Siswa SMP Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open-Ended. Tesis SPs UPI Bandung. Tidak Diterbitkan.
Kusumah, Y. S. (1986). Logika Matematika Elementer. Bandung: Tarsito.
Lawrence, D. (2006). Enhancing self-esteem in the classroom (3rded.). London: Paul Chapman Publishing.
Martin-Albo, J., Nunez, J.L., Navarro, G.J., & Grijalvo, F. (2007). The Rosenberg Self-Esteem Scale: Translation and Validation in University Students. The Spanish Journal of Psychology Copyright 2007 by The Spanish Journal of Psychology, Vol. 10, No. 2, 458-467.
Muijs, D. & Reynold, D. (2008). EffectiveTeaching: Evidence and Practice. Terjemahan: Soetjipto, H. P. dan Soejipto, S. M. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyani, M., & Muhtadi, D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Tipe Higher Order Thinking Skill Ditinjau dari Gender. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), Vo. 12, No. 1, 1 – 16.
Pamungkas, A. S., & Yuhana, Y. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Untuk Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), Vol. 9, No. 2, 177 – 182.
Prastowo. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Riduwan. (2009). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
Rosenberg, M. (1965). Society and the adolescent self-image. Princeton, NJ: Princeton University Press.
Shadiq, F. (2004). Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi. Yogyakarta: PPPG Matematika.
------------. (2007). Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi. Yogyakarta: P4TK Matematika.
Sumarmo, U. (2005). Pengembangan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa SLTP dan SMU serta Mahasiswa Strata Satu melalui Berbagai Pendekatan Pembelajaran. Lemlit UPI: Laporan Penelitian
Thiagarajan, S., Semmel, D.S. & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachersof Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.
Tran, V.D. (2012). Predictingthe Attitudes and Self-Esteem of the Grade 9th Lower Secondary School Students Towards Mathematics from Their Perceptions of the Classroom Learning Environment. World Journal of Education.Vol. 2, No. 4; August 2012.
Yandari, I. A. V., Nindiasari, H., Khaerunnisa, E., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Terstruktur Untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Dalam Merancang Media Hands on Activity Serta Lembar Kerja Eksploratif Pendamping. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), Vol. 11, No. 1, 41 – 48.
Young, E. L., & Hoffmann, L. L. (2004). Self-esteem in children: Strategies for parents and educators. A. S. Canter et. al. (Eds), Helping children at home and school II: Strategies for families and educators (pp 87-89 (S5)). Bethesda, MD: NASP Publication
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v13i1.7222
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika