KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA

Deni Pratidiana, Eka Rosdianwinata

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui keefektifitas penggunaan e-learning berbasis google classroom terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah E-Learning. Penelitian ini menggunakan mixed method yang menggabungkan metode penelitian kuantitatif dengan kualitatif secara berurutan, dimana pada tahap pertama menggunakan metode kuantitatif dan tahap kedua dengan metode kualitatif. Dimulai dari persiapan penelitian yaitu observasi dan metode wawancara sampai ke analisis data yang berupa kuisioner atau angket respon mahasiswa dan tes hasil belajar. Desain penelitian kuantitatif yang digunakan adalah true-experimental design yaitu posttest-only control design dengan uji hipotesis menggunakan t-test untuk mengukur hasil belajar mahasiswa. Sedangkan deskriptif kualitatif digunakan untuk memahami keefektifan penggunaan google classroom terhadap hasil belajar matematika mahasiswa. Hasil uji t-test didapat bahwa H1=2,60 dan H0=1,71 dengan kriteria 2,60 > 1,71 maka hasil hipotesis postest disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar antara yang menggunakan e-learning berbasis google classroom dengan yang menggunakan media konvensional. Hasil survei deskriptif diperoleh bahwa Google Classroom efektif dalam pembelajaran e-learning. Terbukti dari analisis kuisioner respon mahasiswa positif dengan rata-rata memilih setuju. Berdasarkan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa mahasiswa memberikan tanggapan yang positif terhadap penggunaan e-learning berbasis google classroom pada mata kuliah e-learning program studi pendidikan matematika di FKIP Universitas Mathla’ul Anwar Banten. Dari hasil observasi yang dilakukan peneliti, partisipasi mahasiswa pada mata kuliah e-learning ada pada kategori baik, karena adanya timbal balik antara dosen dengan mahasiswa. Hal ini membuktikan bahwa efektifitas belajar menggunakan google classroom sangat mendukung terhadap hasil belajar mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Creswell, J, W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Terj. Achmad Faawaid. Yogyakarta: Pustaka Belajar. (Buku asli diterbitkan 2009)

Darmawan, Deni. (2014). Pengembangan E-Learning (Teori dan Desain). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Iftakhar, S. (2016). Google classroom: what works and how?. Journal of Education and Social Sciences, 3(1), 12-18.

Malalina, M., & Yenni, R. F. (2018). PELATIHAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENGOPTIMALISASI PROSES PEMBELAJARAN DI FKIP UNIVERSITAS TAMANSISWA PALEMBANG. JURNAL CEMERLANG: Pengabdian pada Masyarakat, 1(1), 58-70.

Maolani A.R. dan Cahyana U. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan.Rajagrafindo Persada: Jakarta

Rahmasari, Gartika & Rusmiati, Rita. (2012). E-Learning Pembelajaran Jarak Jauh Untuk SMA. Bandung: Yrama Widya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Wicaksono, M. D. (2020). Pemanfaatan Google Classroom dalam Strategi Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii. Inspirasi (Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial), 17(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v14i1.9337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika