MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERNILAI BUDAYA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. 1, 170–176.
Diyarko, S. B. W. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Metakognisi Dalam Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Lembar Kerja Mandiri Mailing Merge. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 70–80.
Fathani, A. H. (2016). Rahmah Johar. “Domain Soal PISA untuk Literasi matematikaa”. Jurnal Peluang , Volume 1, Nomor 1, Oktober 2012. 136. Jurnal EduSains, 4(2), 136–150.
Hardiarti, S. (2017). Etno Oke. 8(2), 99–110.
Hartoyo, A. (2012). Eksplorasi Etnomatematika pada Budaya Masyarakat Dayak Perbatasan Indonesia-Malaysia Kabupaten Sanggau Kalbar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 14–23. http://jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan/view/1387/eksplorasi-etnomatematika-pada-budaya-masyarakat-dayak-perbatasan-indonesia-malaysia-kabupaten-sanggau-kalbar-.html
Hera, R., & Sari, N. (2015). Literasi Matematika : Apa , Mengapa dan Bagaimana ? 713–720.
Jufri, L. H. (2015). Penerapan Double Loop Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Level 3 Pada Siswa Kelas Viii Smpn 27 Bandung. Lemma, II(1), 52–62.
Liana, D., Studi Pendidikan Matematika Fakultas Teknik, P., & Ilmu Pengetahuan Alam, D. (2016). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, FTMIPA Unindra. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Berpikir Kritis Berbantuan Geogebra, 122–131. http://research-report.umm.ac.id/index.php/semnasmat/article/view/2950
Maulana, A., & Hasnawati, H. (2016). Deskripsi Kemampua Literasi Matematika Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 15 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(2), 1–14. http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPPM/article/viewFile/3060/2297
OECD. (2017). PISA for Development Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-for-development-assessment-and-analytical-framework_9789264305274-en
Priyonggo, H. W., Wardono, & Asih, T. S. N. (2019). Penggunaan Modul Agito dalam Pembelajaran Matematika SMA / SMK untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, Prosicing Seminar Nasional Matematika, 2, 668–678. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29215
Pulungan, D. A. (2014). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Matematika Model Pisa. Journal of Educational Research and Evaluation, 3(2), 2–6. https://doi.org/10.15294/jere
Rahmawati, F. (2013). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1), 225–238. http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/semirata/article/view/882
Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v14i1.9615
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika)
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika