ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MTs LEWAT PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA

Rifqi Hidayat, Nurrohmah Nurrohmah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa MTs dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan pemahaman konsep matematis siswa MTs yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra dengan pembelajaran secara konvensional ditinjau dari secara keseluruhan siswa dan Kemampuan Awal Matematika (Atas, Tengah, dan Bawah). Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan Nonequivalent Control Group Design dan teknik pengambilan sampelnya adalah Sampling Purposive. Populasinya adalah siswa kelas VII MTs Nurul Huda Munjul Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2014/2015. Sampel penelitianmelibatkan siswa kelas VII yaitu 36 siswa kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan lembar observasi siswa. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan Independent Sample t-Test dan Anova dua jalur.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa MTs yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra lebih baik ditinjau dari secara keseluruhan siswa, namun tidak lebih baik ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika (KAM).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

JPPM, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. Journal is published by Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (print) and Jurnal Untirta (eprint).

Publisher Address: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon/Fax: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id | Click to access: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika 

JPPM has been indexed at: Google Scholar I DOAJ I Indonesia OneSearch IPI (Indonesian Publication Index) I BASE

p-ISSN: 1979-3545; e-ISSN: 2528-628X

Published by Jurnal Untirta, part of the Universitas Sultan Ageng Tirtayasa


View My Stats