PENGEMBANGAN LKS PEMECAHAN MASALAH KAIDAH PENCACAHAN DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF UNTUK SMA KELAS XI

Risnawati Risnawati, Wahyunur Mardianita, Hernety Hernety

Abstract


Pembelajaran sebaiknya mengarahkan siswa agar mampu menyelesaikan permasalahan yang diberikan, salah satu upaya mengarahkan siswa yaitu dengan memberikan pertanyaan metakognitif. Pertanyaan metakognitif tersebut meliputi pertanyaan pemahaman, pertanyaan strategi, pertanyaan koneksi, dan pertanyaan refleksi. Pembelajaran metakognitif yaitu membimbing siswa untuk memahami suatu informasi yang diterima kemudian menilai pemahaman mereka sendiri, menghitung berapa waktu yang diperlukan untuk belajar dalam mempelajari sesuatu dan memilih rencana yang efektif untuk belajar atau memecahkan suatu masalah. Masalah matematika sangat beragam, dan yang dibahas adalah matematika aplikatif yaitu masalah yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari siswa, seperti masalah yang ada dalam materi kaidah pencacahan yaitu kombinasi dan permutasi. Maka, perlu dirancang suatu kumpulan soal yang membimbing siswa dalam memahami masalah kombinasi dan permutasi, sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS materi Kaidah Pencacahan yang membahas masalah kombinasi dan permutasi dengan pendekatan metakognitif yang valid, praktis dan mempunyai efek potensial terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini terdiri dari dua tahapan yaitu pleminary dan formative evaluation. Pada tahap pleminary dilakukan analisis LKS sebagai hasil desain bahan ajar. Pada tahap formative evaluation dilakukan Self Evaluation, Prototyping (expert review, one-to-one, dan small group), Field Test untuk memperoleh LKS yang valid, praktis, dan efektif. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa LKS materi Kaidah Pencacahan menggunakan pendekatan metakognitif  yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

JPPM, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. Journal is published by Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (print) and Jurnal Untirta (eprint).

Publisher Address: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon/Fax: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id | Click to access: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika 

JPPM has been indexed at: Google Scholar I DOAJ I Indonesia OneSearch IPI (Indonesian Publication Index) I BASE

p-ISSN: 1979-3545; e-ISSN: 2528-628X

Published by Jurnal Untirta, part of the Universitas Sultan Ageng Tirtayasa


View My Stats