PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA

Aan Subhan Pamungkas, Yuyu Yuhana

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan belum adanya bahan ajar untuk peningkatan kemampuan penalaran matematis bagi mahasiswa calon guru matematika sekolah menengah. Mengingat kemampuan penalaran tersebut sangat diperlukan untuk menarik kesimpulan atas permasalahan matematis, maka dirancanglah bahan ajar yang dapat mengembangkan kemampuan  bernalar mahasiswa. Produk dari penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar dalam bentuk lembar kerja mahasiswa. Metode yang digunakan adalah menggunakan penelitian pengembangan dengan model 4D, yaitu meliputi: (1) Define, pada tahapan ini pengembang melakukan analisis masalah dan potensi; (2) Design, pada tahap ini pengembang membuat produk awal (prototype) atau rancangan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada; (3) Development, pada tahap ini kegiatan yang dilakukan dibagi kedalam dua kegiatan yaitu: expert appraisal dan developmental testing; (4) Disseminate, pada tahap ini kegiatan yang dilakukan adalah validation testing. Adapun hasil dari uji coba ahli menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan termasuk kedalam kategori baik dan layak (80%) digunakan untuk sumber pendukung perkuliahan.

 

Kata Kunci: Kemampuan Penalaran, Bahan Ajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

JPPM, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. Journal is published by Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (print) and Jurnal Untirta (eprint).

Publisher Address: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon/Fax: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id | Click to access: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika 

JPPM has been indexed at: Google Scholar I DOAJ I Indonesia OneSearch IPI (Indonesian Publication Index) I BASE

p-ISSN: 1979-3545; e-ISSN: 2528-628X

Published by Jurnal Untirta, part of the Universitas Sultan Ageng Tirtayasa


View My Stats