PENGARUH GAYA BERPIKIR TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MAHASISWA

Gelar Dwi Rahayu, Firdausi Firdausi

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui secara empiris apakah terdapat pengaruh dari gaya berpikir terhadap kemampuan koneksi matematis mahasiswa di jurusan pendidikan matematika FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 2013. Mahasiswa memiliki kecenderungan yang berbeda dalam menerima dan mengolah atau menyusun kembali informasi yang disebut dengan gaya berpikir. Ada empat gaya berpikir yaitu sekuensial konkrit, sekuensial abstrak, acak konkrit, dan acak abstrak.  Jenis gaya berpikir tersebut memiliki perbedaan dalam mempersepsikan masalah matematika dan mengolah atau menyusun logika-logika matematika untuk menyelesaikan masalah matematika. Berkaitan dengan kemampuan mahasiswa, jenis gaya berpikir dapat memberikan pengaruh berbeda-beda khususnya terhadap kemampuan koneksi matematis mahasiswa. Mahasiswa yang memiliki gaya berpikir abstrak, baik sekuensial abstrak atau acak abstrak akan memahami matematika melalui pembuktian matematika secara logis dengan cara menghubungkan atau membuat koneksi dari satu konsep ke konsep lain dalam matematika, sedangkan mahasiswa yang memiliki gaya berpikir konkrit akan memahami matematika melalui koneksi dari konsep matematika ke dalam konteks kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa pada jurusan matematika semester V memiliki jenis gaya berpikir yang berbeda, namun perbedaan gaya berpikir tidak menyebabkan adanya perbedaan kemampuan koneksi matematik mahasiswa, hal ini diduga terdapat faktor lain yang dapat mengurangi bahkan dapat menghilangkan kecenderungan fungsi gaya berpikir mahasiswa terhadap kemampuan mahasiswa. Salah satu faktornya adalah motivasi berprestasi yang ditunjukkan oleh mahasiswa.

 

Kata Kunci: Gaya Berpikir, Koneksi Matematis


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v9i2.999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Ciwaru No 25 Kota Serang Banten, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: jppm@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika