DIGITALISASI UMKM SEBAGAI HASIL INOVASI DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN SAHABAT UMKM SELAMA PANDEMI COVID-19

Virgia Aida Handini, Wahyuni Choiriyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebaran inovasi sosial yang dilakukan oleh komunitas Sahabat UMKM dalam memberdayakan UMKM Indonesia ditengah pandemi COVID-19. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan Model Inovasi Sosial karya N. Choi dan S. Majumdar. Hasilnya, untuk membantu UMKM bertahan dalam menghadapi Pandemi COVID-19, Sahabat UMKM mengubah gaya komunikasi pemasaran UMKM Indonesia melalui penerapan inovasi sosial. Dalam pembentukan digitalisasi, pelaku UMKM harus mengikuti beberapa tahap diantaranya, 1) Melakukan pendaftaran member melalui website; 2) bergabung ke dalam grup WhatsApp Sahabat UMKM sebagai wadah berdiskusi dan mendapatkan informasi mengenai kegiatan-kegiatan yang publikasikan melalui website sahabatUMKM dan M-News.co.id; 3) mengikuti kelas komunitas untuk mengkomunikasikan produk yang dimiliki melalui Brand Story Telling dan Copywriting; 4) melakukan Preview Produk Partner yaitu kerja sama dengan Startup dan e-commerce Sahabat UMKM; 5) Menyediakan Sahabat UMKM Store. Adapun setelah mengikuti tahap-tahap tersebut, pelaku UMKM mendapatkan legalitas bisnis, melakukan periklanan secara online, bergabung bersama Bekraf, e-commerce dan Startup. Terakhir, terkait masa pandemi COVID-19, diharapkan setiap UMKM dapat bertahan dengan cepat beradaptasi dan melakukan perubahan komunikasi pemasaran kearah digital.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Awali, Husni dan Rohmah, Farida. (2020) Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2 (1), 1-14.

Bahtiar R. A., & Saragih, J. P. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan Ekonomi Sektor Umkm.Info Singkat, 7(6), 19-24.

Budastra, I. K. (2020). Dampak Sosial Ekonomi Covid-19 dan Program Potensial untuk Penanganannya: Studi Kasus di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Agrimansion, 20 (1),48-57.

Choi, N., & Majumdar, S. (2014). Social Entrepreneurship as An Essentially Contested Concept: Opening A New Avenue For Systematic Future Research. Journal of Business Venturing, Elsevier Inc, 29, 363–376.

Choi, N., & Majumdar, S. (2015). Social Innovation: Towards a Conceptualisation. Technology and Innovation for Social Change. Berlin: Springer. Hal: 7–34.

Chrismardani,Yustina. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu : Implementasi Untuk Umkm. Jurnal NeO-Bis, 8(2), 176-189.

Firmansyah, M., A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Surabaya: CV Qiara Media.

Hamzah, L. M., & Agustien, D. (2019). Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor Umkm di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan. 8 (2), 215-228.

Hanoatubun, Silpa. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. Journal of Education Psychology and counselling, 2(1), 146-153.

Hidayaturrahman, M., & Purwanto, E. (2020). COVID-19: Public support against the government's efforts to handle and economic challenges. Jurnal Inovasi Ekonomi, 5(2), 31-35.

Moleong, Lexy J.(2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Pustaka.

Nicolaa M., et.al.(2020) The socio-economic implications of the coronavirus pandemic (COVID-19): A review. International Journal of Surgery, 78, 185-193.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Taufik, & Ayuningtyas, E.A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Bisnis dan Eksistensi Platform Online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22 (1), 21-32.

Widyastuti, Sri. (2017). Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Universitas Pancasila.

Sumber lain :

https://sahabatumkm.id/

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v11i2.9682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues


        Vol. 13 No. 1 2022        Vol. 12 No. 2 2021        Vol. 12 No. 1 2021       Vol. 11 No. 2 2020        Vol. 11 No. 1 2020

 

 

 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: jurnalrisetkomunikasi@untirta.ac.id


View My Stats