Analisis Peran Buzzer Media Sosial dalam Memperkuat Kampanye Petani Milenial

Bambang --- Arianto

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menganalisis peran akun media sosial yang dikategorikan sebagai akun buzzer dalam memperkuat kampanye petani milenial. Akun buzzer media sosial ini bertugas untuk memperkuat akun resmi (official) Kementerian Pertanian. Sehingga akun official Kementerian Pertanian bisa menjadi akun influencer yang dapat mempengaruhi warganet dan mengajak akun buzzer dan follower lainnya untuk bisa ikut memperkuat kampanye pertanian dengan menyediakan berbagai konten kreatif. Pemilihan konten kreatif digunakan agar pesan dari kampanye petani milenial ini dapat menarik perhatian dan atensi generasi milenial. Dengan begitu, minat generasi milenial untuk menjadi petani akan semakin meningkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan data Social Network Analytic (SNA) dari Drone Emprit Academic dalam menganalisis percakapan perihal petani milenial di media sosial. Artikel ini menemukan bahwa peran akun buzzer media sosial telah berkontribusi dalam upaya memperkuat kampanye petani milenial di media sosial. Artikel ini juga mengungkapkan bahwa buzzer media sosial turut memperkuat setiap konten kampanye di media sosial.

Full Text:

PDF

References


Arianto. B. (2019a). Buzzer Media Sosial dan Branding Produk UMKM Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal UMKM Dewantara. 2, (1), 27–46.

______. (2019b). Kontestasi Buzzer Politik dalam Mengawal APBD DKI Jakarta. Jurnal Polinter Prodi Ilmu Politik FISIP UTA’45 Jakarta. 5 (1) 54-76.

______. (2015). Kampanye Kreatif Dalam Kontestasi Presidensial 2014. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM. No 1, 19: 16–39.

______. (2014). Fenomena Relawan Politik dalam Kontestasi Presidensial 2014. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM. 18, No 2, November (146-162)

______.(2020). Salah Kaprah Ihwal Buzzer : Analisis Percakapan Warganet di Media Sosial. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan (JIIP) Undip, 5 (1), 1–20.

______.(2020). Peran Buzzer Media Sosial dalam Memperkuat Ekosistem Pemasaran Digital. Jurnal Optimum UAD, 10 (1). Maret, 51-65

Adji, W. S., et al (2019). Identification of Social Symptoms Using the Drone Emprit Academic as a Support for Statistical Literacy. Abjadia, 4(2), 60-67.

Bisnis.tempo.com. (2019). https://bisnis.tempo.co/read/1252667/kaum-muda-didorong-jadi-petani-milenial/full&view=ok

CnnIndonesia.com. (2019). Diakses https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150320101309-199-40510/petani-thailand-mulai-manfaatkan-robot-dan-drone

Castells, M. (2007). Communication, power and counter-power in the network society. International journal of communication, 1(1), 29.

Dea.uii.ac.id. (2019). Social Network Analytic (SNA) Drone Emprit Academic Universitas Islam Indonesia. (2019)

Fahmi. I. (2019). Makalah Workshop Social Network Analysis (SNA). Yogyakarta. 2019

Oktavia, Y., Muljono, P., Amanah, S., & Hubeis, M. (2017). Jurnal Penyuluhan, September 2017 Vol. 13 No. 2 Hubungan Perilaku Komunikasi dan Pengembangan Kapasitas Pelaku Agribisnis Perikanan Air Tawar di Padang, Sumatera Barat. Jurnal Penyuluhan, 13(2),

Kaplan, A.M & Haenlein, M. (2010) "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media". Business Horizons 53(1): 59–68.

Lestari, N., et al., (2019). Pengaruh Profil Petani Pengelola Agrowisata terhadap kapasitas Pemanfaatan Teknologi Komunikasi digital di Kabupaten Bojonegero dan Malang Jawa Timur. AGRARIS: Journal of Agribusiness and Rural Development Research, 5(1), 66-78.

Petanimuda.org (2015). http://petanimuda.org/tentang/

Twitter.com. (2019). Akun @Kementan dan @Barantan_RI

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan, Cetakan 1. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Wawancara

Wawancara M Taqiyudin Mahasiswa Agribisnis Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta, 10 Desember 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v11i2.9915

Comments on this article

View all comments


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

JRK, Jurnal Riset Komunikasi is published by Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 

Publisher Address: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon/Fax: (0254) 280330, Email: jurnalrisetkomunikasi@untirta.ac.id |

 Click to access: Jurnal Riset Komunikasi  

JRK has been indexed at: Google Scholar 

View Stat.