PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING DAN MINAT SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU

Irfan Fauzan Rizqillah, Asnawi Syarbini, Aan Hendrayana

Abstract


Tujuan Penelitian Pengembangan ini untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada kelas IX MTs Negeri 4 Kabupaten Serang. Nilai IPA siswa yang masih dibawah standar ketuntasan hasil belajar, minat belajar siswa rendah, dan keterbatasan kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini. Untuk mengatasi kendala tersebut dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang dapat merangsang kreatifitas siswa, menumbuhkan minat belajar, serta membantu guru dalam memberikan materi pembelajaran, salah satunya yaitu mobile learning berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana memproduksi mobile learning berbasis android dan seberapa efektif pengembangan produk mobile learning berbasis android pada pembelajaran IPA kelas IX. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Tahapan dalam penelitian ini diawali dengan mengumpulkan informasi dan menganalisis kebutuhan, mengembangkan instrumen, merancang dan membuat mobile learning, penerapan pada pembelajaran, serta dilakukan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk mobile learning berbasis android yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA kelas IX MTs. Hasil uji efektifitas didapat dari uji kelayakan produk oleh ahli dengan kategori tinggi, Penggunaan produk mobile learning juga dapat meningkatkan minat belajar siswa dengan kategori tinggi. Selain itu dilakukan juga uji t berpasangan diperoleh hasil perhitungan terdapat perbedaan antara sebelum perlakuan dan setelah perlakuan, maka Ha diterima.  Kesimpulannya bahwa mobile learning berbasis android efektif digunakan dalam pembelajaran, dan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Sehingga sangat perlu guru melakukan pemanfaatan dan pengembangan media pembelajaran guna menumbuhkan minat belajar siswa, meningkatkatkan hasil belajar dan memudahkan dalam penyampaian materi pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Barbara B. Seels, R. C. R. 1994. Instructional Technology: The Definition and Domains of the Field Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya,. Jakarta: Unit Percetakan UNJ.

Chun, R. 2015. Adobe Flash Professional CS6 Classroom in a Book (ebook).

Hendrayana, A. 2015. Rekayasa Multimedia Untuk Pembelajaran. Serang: UNTIRTA Press.

Riduwan. 2004. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

________, 2014. Pengantar Statistika Sosial (Cetakan 1). Bandung: Alfabeta.

Sani, R. A. 2013. Inovasi Pembelajaran. (Y. S. Hayati, Ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Silalahi, U. 2012. Metode Penelitian Sosial (Edisi Ketiga). Bandung: Refika Aditama.

Sudijono, A. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sudjana, 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

_______, 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdikarya Offest.

Sugiyono, 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revi). Jakarta.

________, 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Widoyoko, E. P. 2014. Hasil Pembelajaran Di Sekolah (Pertama). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Boateng R. Heeks, M. and H. 2008. Development in its simplest definition and perhaps in its common usage can be considered as the objective of moving to a state relatively better than what previously existed : “ good change ” as defined by Chambers 1997. As change is a process , this, 18(5), 1–7.

Kantun, S. 2015. Hakikat dan Prosedur Penelitian Pengembangan (pp. 76–89). Jember: http://library.unej.ac.id/client/search/asset/468.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.