PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERKOMUNIKASI DALAM BAHASA INGGRIS MELALUI PENILAIAN DIRI DAN PENDIDIKAN KARAKTER

Suwandi Suwandi, Aceng Hasani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan model pembelajaran bahasa Inggris, implementasi, penilaian diri, dan pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan Pengembangan model pembelajaran bahasa Inggris di kelas VII pada taksonomi pemahaman meliputi kompetensi struktur bahasa, unsur bahasa, dan fungsi sosial bahasa Inggris. Implikasi pengembangan model pembelajaran bahasa Inggris meliputi pengembangan tujuan pembelajaran, pengembangan karakteristik peserta didik, pengembangan materi pelajaran, pengembangan strategi pembelajaran dan pengembangan penilaian. Penilaian diri merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi. Sebagian besar peserta didik memiliki sikap spiritual dan sikap sosial baik.Program pengembangan karakter disusun secara sistematis meliputi strategi, metode, dan kegiatan pengembangan karakter. Dasar pendidikan karakter adalah agama, biologis,  psikologis, sosial dan akhlak. Peserta didik memiliki karakter spiritual, tanggung jawab, jujur, disiplin, kerja sama dan peduli yang sangat baik.

 

Kata Kunci : pengembangan model pembelajaran, penilaian diri, pendidikan karakter


Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. 2014. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Bandung: Rosda Karya.

Agus Wibowo. 2012. Evaluasi dalam Pembelajaran Terpadu. Surabaya: Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Surabaya.

Aqib. 2012. Pendidikan Karakter di Sekolah. Bandung: Yrama Widya.

Aqib dan Sujak. 2012. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.

Asep, dkk.2010. Pendidikan Karakter Teori dan Aplikasi.Jakarta: Kmendiknas.

Depdiknas. 2009. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) melalui Pendidikan Broad Based Education Jakarta: Depdiknas.

_______ 2010.Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Nilai dan Karakter.Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.

_______ 2010.Desain Pendidikan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum Litbang Diknas.

Dick and Carrey. 2000. The Systematic Design of Intruction. Illionos: Scott & Co. Publisher.

Doni Koesoema. 2010. Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.

Fathurrohman, Suryana, Fatriany. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung : Aditama

Hamzah B dan Koni. 2012. Assesment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Megawangi. 2014. Pendidikan Karakter. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.

Muhammad Yaumi. 2013. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Muslich.2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Octaviana dan Syatibi. 2014. Penddikan Karakter Berbasis Tradisi Pesantren. Jakarta: Renebook dan Rumah Kitab.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Rohman dan Amri. 2013. Strategi & Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Rasyid, Harun dan Mansur. 2007. Penilaian Hasil Belajar. Bandung : Wacana Prima

Rusman. 2009. Model-model Pembelajaran Mengembangkan profesional Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sahlan dan Prasetyo. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Soedarsono.2014. Character Building. Jakarta: Media Kamputindo.

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung : Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta

Suprihatiningrum.2013. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Suryana, dkk.2013a. Seri Peningkatan Kompetensi dan Kinerja Guru.Buku 1 Menguasai Karakteristik Peserta Didik.Surakarta : PGRI Provinsi Banten dengan CV Rizki Aulia.

______2013b.Seri Peningkatan Kompetensi dan Kinerja Guru.Buku 2 Menguasai Teori Belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran yang Mendidik.Surakarta : PGRI Provinsi Banten dengan CV Rizki Aulia.

Tim Penyusun. 2012. Buku Pedoman Penulisan Tesis. Serang : Untirta.

Takdir.2014. Gagalnya Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Zubaedi. 2013. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v2i1.7855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.