PENERAPAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Resmaleni Resmaleni, Nurmayulis Nurmayulis, Hepsi N indiasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah Kimia dengan menggunakan model Blended Learning. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII.IPAMAN  2 Cilegon berjumlah 33 orang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diagnostik model Kemmis dan McTaggar sebanyak 3 siklus. Instrumen menggunakan observasi, angket dan tes.Penelitian menggunakan mixed method analisis. Data diolah secara kualitatf dan kuantitatif.Temuan penelitian menunjukkan bahwa model Blended Learning efektif digunakan dalam pembelajaran Kimia di MAN 2 Cilegon. Terdapat peningkatan efektivitas Blenden Learning dari siklus 1 sebesar 62 %, siklus 2 sebesar 77 % dan siklus 3 sebesar 87,6 %. Model pembelajaran Blended Learning meningkatkan kemandirian belajar dari siklus 1 sebesar 63 %, siklus 2 sebesar 75 % dan siklus 3 sebesar 81 %. Model Blended Learning meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah dari siklus 1 sebesar 64 %, siklus 2 sebesar 74,7 % dan siklus 3 sebesar 82 %.

 

Kata kunci : blended learning, kemandirian belajar, pemecahan masalah


Full Text:

PDF

References


Amir, Taufiq.2009. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2008, Penelitian Tindakan Kelas Edisi keenam. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Hamzah. 2008. Model Pembelajaran Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif.Jakarta : Bumi Aksara

Hamzah dan Lamatenggo. 2013 Teknologi Informasi dan Teknologi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Hariningsih. 2010. Teknologi Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kurniawan dan Riyana.2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan KomunikasiMengembangkan Profesionalisme Guru.Depok: Raja Grafindo Persada

Munir.2013. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: SPS Universitas Pendidikan Indonesia

_______. 2014. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Afabeta

Nasution, S. 2010. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Priowirjanto.2013. Buku Sumber Simulasi Digital. Jakarta: Seamolec.

Prawiradilaga. 2012. Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rusman.2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Cetakan Kedua. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusman, Kurniawan dan Riyana. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Safrizal. 2012. Pengantar Jaringan Komputer. Yogyakarta : Andi

Sanjaya.2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wena. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara

Winataputera, 2013.Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka

Wiworo. 2012. Strategi Pemecahan Masalah Yogyakarta: P4TK Matematika.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v2i1.7859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.