PENERAPAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah Kimia dengan menggunakan model Blended Learning. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII.IPAMAN 2 Cilegon berjumlah 33 orang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diagnostik model Kemmis dan McTaggar sebanyak 3 siklus. Instrumen menggunakan observasi, angket dan tes.Penelitian menggunakan mixed method analisis. Data diolah secara kualitatf dan kuantitatif.Temuan penelitian menunjukkan bahwa model Blended Learning efektif digunakan dalam pembelajaran Kimia di MAN 2 Cilegon. Terdapat peningkatan efektivitas Blenden Learning dari siklus 1 sebesar 62 %, siklus 2 sebesar 77 % dan siklus 3 sebesar 87,6 %. Model pembelajaran Blended Learning meningkatkan kemandirian belajar dari siklus 1 sebesar 63 %, siklus 2 sebesar 75 % dan siklus 3 sebesar 81 %. Model Blended Learning meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah dari siklus 1 sebesar 64 %, siklus 2 sebesar 74,7 % dan siklus 3 sebesar 82 %.
Kata kunci : blended learning, kemandirian belajar, pemecahan masalah
Full Text:
PDFReferences
Amir, Taufiq.2009. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2008, Penelitian Tindakan Kelas Edisi keenam. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Hamzah. 2008. Model Pembelajaran Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif.Jakarta : Bumi Aksara
Hamzah dan Lamatenggo. 2013 Teknologi Informasi dan Teknologi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.
Hariningsih. 2010. Teknologi Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kurniawan dan Riyana.2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan KomunikasiMengembangkan Profesionalisme Guru.Depok: Raja Grafindo Persada
Munir.2013. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: SPS Universitas Pendidikan Indonesia
_______. 2014. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Afabeta
Nasution, S. 2010. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Priowirjanto.2013. Buku Sumber Simulasi Digital. Jakarta: Seamolec.
Prawiradilaga. 2012. Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rusman.2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Cetakan Kedua. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rusman, Kurniawan dan Riyana. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Safrizal. 2012. Pengantar Jaringan Komputer. Yogyakarta : Andi
Sanjaya.2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Wena. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara
Winataputera, 2013.Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka
Wiworo. 2012. Strategi Pemecahan Masalah Yogyakarta: P4TK Matematika.
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v2i1.7859
Refbacks
- There are currently no refbacks.