Identifikasi Kesalahan Guru Dalam Menyelesaikan Soal Fungsi Invers Berdasarkan Analisis Newman

Muhamad Hanafi, Kathrin Nur Wulandari, Enda Imelda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan guru dalam menyelesaikan soal fungsi invers berdasarkan analisis Newman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini ialah dua guru matematika SMP dan seorang guru matematika SMA. Instrumen penelitian ini ialah hasil tes yang diadopsi dari  (Paoletti et al., 2017). Data penelitian ini berupa hasil tes dan wawancara secara online.  Berdasarkan data yang diperoleh dalam analisis kesalahan Newman dalam menyelesaikan fungsi invers. Kesalahan yang dialami oleh guru dalam menyelesaikan soal fungsi invers 1) kesalahan membaca, seperti kesalahan dalam membaca kata, notasi, symbol dan informasi dalam soal; 2) kesalahan memahami, seperti kesalahan dalam mengolah informasi dalam soal; dan 3) kesalahan transformasi, berupa kesalahan dalam mengubah soal ke dalam model matematika.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. H., Abidin, N. L. Z., & Ali, M. (2015). Analysis of students’ errors in solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) problems for the topic of fraction. Asian Social Science, 11(21), 133–142.

Fariha, M. (2019). Analisis kesalahan operasi dasar bilangan bulat peserta diklat teknis substantif guru matematika MI di BDK Aceh tahun 2018. Al-Khawarizmi, 3(1), 21–32.

Fiqri, C. I. A., Muhsetyo, G., & Qohar, A. (2016). Studi kasus kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar di smp. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FKIP UNS, November, 280–290.

Nurfalah, I. A., Novtiar, C., & Rohaeti, E. E. (2021). Analisis kesalahan siswa berdasarkan kategori newman dalam menyelesaikan soal materi fungsi. 4(1), 205–214.

Oktaviana, D., Newman, K. K., & Diskrit, M. (2017). Analisis tipe kesalahan berdasarkan teori newman dalam menyelesaikan soal cerita pada mata kuliah matematika diskrit. 5(2), 22–32.

Paoletti, T., Stevens, I. E., Hobson, N. L. F., Moore, K. C., & Laforest, K. R. (2017). Inverse function : Pre-service teachers ’ techniques and meanings. Educational Studies in Mathematics, 97, 93–109.

Prakitipong, N., & Nakamura, S. (2006). Analysis of mathematics performance of grade five students in thailand using newman procedure. 9(1), 111–122.

Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Grasindo.

Untu, Z., Purwanto, Parta, I. N., & Sisworo. (2020). Kesalahan guru dalam pembelajaran matematika materi bangun datar ditinjau dari pengetahuan deklaratif. JPIn (Jurnal Pendidik Indonesia), 3(1), 17–30.

White, A. L. (2009). A revaluation of Newman’s error analysis. MAV Annual Conference 2009, 3(7), 249–257.

Zakaria, E., Ibrahim, & Maat, S. M. (2010). Analysis of students ’ error in learning of Quadratic Equations. 3(3), 105–110.




DOI: http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v3i2.11068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta KM 4 Pakupatan Serang Banten, Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: tirtamath@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika