Analisis Pemahaman Fungsi Invers Pada Guru Matematika Berdasarkan Teori Skemp
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Atallah, F., Bryant, S. L., & Dada, R. (2010). A research framework for studying conceptions and dispositions of mathematics: A dialogue to help students learn. Research in Higher Education Journal, 7, 1–8.
Aulia, A. A., Parta, I. N., & Irawati, S. (2017). Pemahaman konsep fungsi invers siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(2), 106–112.
Bergeron, L., & Alcantara, A. (2015). IB mathematics comparability study: Curriculum & assessment comparison. United Kingdom: IB Global Recognition.
Davita, P. W. C., Nindiasari, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Tirtamath: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 101.
Ikram, M., Purwanto, & Parta, I. N. (2021). Analisis terjadinya penalaran reversibel untuk kasus invers: Studi kasus pada subjek Adjie. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(1), 1–15.
Jafar. (2013). Membangun pemahaman yang lengkap (Completely Understanding ) dalam pembelajaran konsep grup. KNPM V: Himpunan Matematika Indonesia, 87–95.
Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2002). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. In Helping Children Learn Mathematics.
Kolins, A. Y., Wahyuningsih, W., Safrudin, N., & Rusdin, M. E. (2020). Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika pada fungsi komposisi dan fungsi invers. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 6(2), 86–95.
Limardani, G. (2015). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi aljabar berdasarkan teori pemahaman Skemp pada kelas VIII D SMPN 4 Jember. Universitas Jember.
Merriam, S. B., & Tisdell, E. J. (2015). Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation (4th Edition). John Wiley & Sons.
Nurfadilah, I., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Tirtamath: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 152.
Paoletti, T., Stevens, I. E., Hobson, N. L. F., Moore, K. C., & LaForest, K. R. (2018). Inverse function: Pre-service teachers’ techniques and meanings. Educational Studies in Mathematics, 97, 93–109.
Pradika, L., & Syamsuri, S. (2019). Pengaruh Diskusi Kelompok Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Sikap Dan Hasil Belajar Siswa Smp Di Kota Serang. Tirtamath: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 1(1), 47.
Skemp, R. R. (2006). Relational understanding and instrumental understanding. Mathematics Teaching in the Middle School, 12(2), 88–95.
Syamsuri, S., Marethi, I., & Mutaqin, A. (2018). Understanding on strategies of teaching mathematical proof for undergraduate students. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 37(2).
Syarifah, L. L. (2017). Analisis kemampuan pemahaman matematis pada mata kuliah pembelajaran matematika SMA II. JPPM: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 57–71.
DOI: http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v3i1.11173
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Kampus FKIP Untirta Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42117, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika