Pengaruh perhatian orang tua, self-efficacy, dan motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa

Enda Imelda, Syamsuri Syamsuri, Novaliyosi Novaliyosi

Abstract


Abstract:

This study aims to obtain a structural equation model related to the variables of parental attention, self-efficacy, and motivation on the mathematics learning outcomes of MTs students. Knowing the influence and contribution of parental attention, self-efficacy and motivation to the mathematics learning outcomes of MTs students. This study is a quantitative study with a survey method that aims to determine the structural equation model related to the variables of parental attention, self-efficacy, and learning motivation on the mathematics learning outcomes of MTs students. The results of the study revealed that parental attention, self-efficacy and learning motivation had a positive and significant influence on MT students' mathematics learning outcomes. -have predictive values of 0.315 ( t = 6.685, p = 0.000), 0.439 ( t = 8054, p = 0.000) and 0.196 ( t = 4.013, p = 0.000). The contribution given by parents' attention, self-efficacy of learning motivation has a positive and significant influence on learning outcomes by 82.20%, the rest is influenced by factors not contained in this study.

 


Full Text:

PDF

References


Agussantri, R., Zulkarnain, & Armis. (2020). Penerapan model problem- based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik. Algoritma Journal of Mathematics Education (AJME), 2(1), 1–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15408/ajme.v2i1.16306

Amir, Z. M., & Muhandaz, R. (2019). Profil kesulitan belajar matematika dan self efficacy matematis siswa sekolah menengah di Riau. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 141–148. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8254

Ammy, C. 2019. Pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self- efficacy siswa SMP Muhammadiyah 1 Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Andriana, Amaliyah, R. A., & Yahya, A. (2021). Analisis peranan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas 8 MTs DDI Tinigi dalam bidang matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 124–134. http://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80-86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Antariani, N. M. (2021). Pengaruh kompetensi pedagogik guru, disiplin belajar, bimbingan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kejuruan akomodasi perhotelan kelas XII perhotelan di SMK duta bangsa Denpasar. Universitas Pendidikan Ganesha. Denpasar.

Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar matematika siswa MTs Iskandar Muda Batam. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 175–186. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.966

Astuti, T. A., & Jailani. (2021). Kontribusi kompetensi guru matematika SMP terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 241–253.

Dewi, V. R., Syamsuri, S., & Khaerunnisa, E. (2019). Karakteristik motivasi ekstrinsik dan intrinsik siswa SMP dalam belajar matematika. Tirtamath: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 1(2), 116-128. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v1i2.7145

Fauziyah, Y. (2022). Hubungan kesiapan belajar matematika siswa dengan hasil belajar pada materi bangun datar. Jurnal Pembeljaran Matematika Inovatif, 5(1), 73–80. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.73-80

Fitriani, R. N., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh self-efficacy terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan MatematikaJurnal Pendidikan Matematik, 05(03), 2793–2801. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.803

Handayani, S. (2016). Pengaruh perhatian orangtua dan minat belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2), 141–148. https://media.neliti.com/.../234830-pengaruh-perhatian-orangtua-dan-minat-be-bb3ab.

Harefa, S., & Hia, Y. (2020). Pengaruh perhatian orang tua dalam pembelajaran online matematika terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Fibonaci, Volume 1(2), 12–15.

Hasibuan, E. K., Rambe, N. A., & Saleh, S. (2021). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs. Axiom : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(1), 61–67. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i1.8532

Hidayat, H. (2016). Pengaruh perhatian orang tua dan metode mengajar guru terhadap prestasi siswa. Institut PTIQ Jakarta.

Jagom, Y. O. (2020). Pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Numeracy, 7(1), 178–191. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.1046

Jati, S. W. N. S., Ikawati, H. D., & Kurniawati, W. (2019). Efektivitas penggunaan model pembelajaran open ended terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran matematika. Jurnal Teknologi Penelitian, 4(1), 62–69. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jtp/article/view/2258

Junita, S., Rahmi, A., & Fitri, H. (2019). Pengaruh motivasi belajar dan perhatian orangtua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Baso tahun pelajaran 2018/2019. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 088–098. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.6879

Kamsiyah, Harini, S., & Lanya, H. (2018). Pengaruh motivasi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi matematika. Sigma, Volume 4, 14–20.

Khofifah, E. N., Nurimani, & Zuhriyah, A. (2021). Perbedaan capaian pembelajaran dengan platform online antara aplikasi zoom dan video pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 158–163.

Khotimah, B., Nofrita, D., & Lestari, N. P. (2021). Pengaruh motivasi dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII di MTs Al-muttaqin Buper Jayapura. Kariwari Smart : Journal of Education Based on Local Wisdom, 1(2), 28–35. https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v1i2.44

Kurniasari, E. (2019). Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 1 Karanganom. Absis Mathematics Education Journal, 1(1), 1–6.

Kurniawan, D., & Wustqa, D. U. (2014). Pengaruh perhatian orangtua, motivasi belajar, dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 176-187. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2674

Laknasa, D. P. A., Abdullah, A. W., Pauweni, K. A. Y., Usman, K., & Kaluku, A. (2021). Meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran multimedia interaktif dengan model discovery learning. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 9(2), 103–108. https://doi.org/10.34312/euler.v9i2.11100

Li, L., Peng, Z., Lu, L., Liao, H., & Li, H. (2020). Peer relationships, self-efficacy, academic motivation, and mathematics achievement in Zhuang adolescents: a moderated mediation model. Children and Youth Services Review, 118 (August), 105358, 1-8. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105358

Mahmudi, A., Sulianto, J., & Listyarini, I. (2020). Hubungan perhatian orang tua terhadap hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 122-129. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24435

Maptuhah, M., & Juhji, J. (2021). Pengaruh perhatian orangtua dalam pembelajaran daring terhadap motivasi belajar peserta didik madrasah tsanawiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 25–34. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i1.127

Marbun, Y. M. R. (2021). Pengaruh perhatian orang Tua dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. Jurnal Matematics Paedagogic, 5(2), 111–120. https://doi.org/https://doi.org/10.36294/jmp.vxix.xxx

Mardiana, N., & Faqih, A. (2019). Model SEM-PLS terbaik untuk evaluasi pembelajaran matematika diskrit dengan LMS. Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 13(3), 157–170. https://doi.org/https://doi.org/10.30598/barekengvol13iss3pp157-170ar898

Murtiningsih, S. (2019). Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika (survey pada kelas VII SMP swasta di Kota Tangerang). Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 76–85.

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh kemandirian belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 73–84. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.754

Novitasari, D., Sanuriza, I. Il, Triutami, T. W., Wulandari, N. P., & Humaira Salsabila, N. (2020). Pengaruh minat bakat, sarana prasarana dan motivasi belajar terhadap indeks prestasi komulatif mahasiswa. Jurnal Media Pendidikan Matematika, 8(1), 1–10. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jmpm

Nurhaliza, S., Alghadari, F., & Nurwiatin, N. (2021). Kebiasaan belajar dan capaian matematika siswa : bagaimana korespondensinya ? Brillo Journa, 1(1), 41–48.

Oktaria, R. (2020). Pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa di MTs swasta Ubuddiyah Pangkalan Brandan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Medan.

Rajagukguk, W., & Hazrati, K. (2021). Analisis self-efficacy siswa dalam penelitian pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik dan inkuiri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2077–2089. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.761

Respita, R. (2020). Pengaruh gaya belajar dan self-efficacy terhadap hasil belajar siswa. Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 2(3), 67–75. https://doi.org/https://doi.org/10.31933/rrj.v2i3.362

Sa’adah, F., Rukmigarsari, E., & Wulandari, T. C. (2021). Pengaruh self confidence dan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Pendidikan, Penelitian Dan Pembelajaran, 16(12), 83–90.

Safitri, F. (2020). Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari gaya kognitif pada pembelajaran problem based learning bernuansa budaya Aceh dengan descriptive feedback. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Saputri, D. I., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2019). Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi terhadap hasil belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 369-376. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19285

Sardiman, A. M. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sari, W. (2018). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa melalui pendekatan realistic mathematics education (RME). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Siregar, E. Y., Holila, A., & Nasution, D. P. (2020). Penerapan pendekatan kontekstual dalam upaya meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Jurnal Education and Development, 8(4), 370–377.

Slameto. (2021). Belajar Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sopyan, A., & Marlina, R. (2019). Kemampuan self efficacy matematis siswa dengan pendekatan pembelajaran realistic mathematic education (RME). Prosiding Sesiomadika, 2(1d), 992–997. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Suciawati, V. (2019). Pengaruh self efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis matematik siswa SMP. Jurnal Didactical Mathematics, 2(1), 17–22. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p435-444

Sudarmawan, H. (2019). Meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas viii a mts rahmaniyah dengan penerapan model pembelajaran number heads together (NHT) pada materi lingkaran. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 91–101. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i1.6825

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tanjung, D. F. (2019). Pengaruh kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemapuan pemecahan masalah matematika dan self-efficay siswa UPT satuan pendidikan formal SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.

Udil, P. A., Bole, Y. L., & Ekowati, C. K. (2021). Pengaruh persepsi siswa tentang guru matematika terhadap motivasi belajar matematika siswa. Asimtot: Juenal Kependidikan Matematika, 3(2), 125 – 135. https://journal.unwira.ac.id/index.php/ASIMTOT

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166-175. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897

Wahyudi, Mulyaningsih, N. N., & Purwanti, P. (2020). Pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar IPA siswa ditinjau dari minat siswa. SChrodinger: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pensisikan Fisika, 1(2), 127–136.

Widyasari, S. F., Masykur, R., & Sugiharta, I. (2021). Flipped classroom : peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi belajar peserta didik madrasah tsanawiyah. Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.32665/james.v4i1.171

Yunita, N., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan motivasi belajar matematis siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 325–332. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.325-332

Yunus, N. M. (2018). Pengaruh motivasi belaja dan konsep diri terhadap hasil belajar pendidikan agama islam peserta didik di SMP Negeri 1 Tanete Riaja Kabupaten Barru. Pascasarjana UIN Alaudin Makasar. Makasar.




DOI: http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v4i2.16136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta KM 4 Pakupatan Serang Banten, Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: tirtamath@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika