Analisis pengaruh kecemasan matematika terhadap self-efficacy pada siswa SMA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
AKIN, A., & Kurbanoğlu, İ. (2011). The relationships between math anxiety, math attitudes, and self-efficacy: A structural equation model. Studia Psychologica, 53, 263–273.
Auliya, R. N., & Munasiah, M. (2016). Hubungan Antara Self-Efficacy, Kecemasan Matematika, Dan Pemahaman Matematis. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (2). https://doi.org/10.23969/pjme.v6i2.2655
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. (pp. ix, 604). W H Freeman/Times Books/ Henry Holt & Co.
Budiaji, W. (2018). Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert [Preprint]. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/k7bgy
Daniel, W.W. (1980). Statistika nonparametrik terapan. (Terjemahan Tri Kuntjoro). Jakarta : Gramedia.
Dewi, V. R., Syamsuri, & Khaerunnisa, E. (2019). Karakteristik Motivasi Ekstrinsik dan Intrinsik Siswa SMP Dalam Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pengajaran Matematika, 1, 116–128. Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/ Tirtamath/article/view/7145
Dzulfikar, A. (2016). Kecemasan Matematik pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 34. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i1.508
Effendi,S. (1982). Unsur-unsur penelitian ilmiah. Dalam Masri Singarimbun (Ed.). Metode penelitian survei. Jakarta: LP3ES.
Gunarto, M. (2018). Analisis statistika dengan model persamaan struktural (SEM) : teoritis dan praktis. Bandung : Alfabeta
Gronlund, N.E. & Linn, R.L. (1990). Measurement and evaluation in teaching. (6thed.). New York: Macmillan.
Jayantika, I. G. A. N. T. (2020). Kecemasan Matematis (Math Anxiety) Dilihar dari Perbedaan Gender. Prosiding Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika. https://e. journal.unmas.ac.id/index.php/Prosemnaspmatematika/article/view/928
Mufarrikhah, J. L., Yuniardi, M. S., & Syakarofath, N. A. (2020). Peran Perceived Organizational Support terhadap Work Engagement Karyawan. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 6(2). https://doi.org/10.22146/gamajop.56396
Nurmala, E. (2022). Analisis Tingkat Kecemasan Matematika Ditinjau Dari Aspek Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar. Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Putri, C. N., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XII Pada Materi Program Linier. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(6), 1573-1580.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Suyanto, S. (2009). Keberhasilan sekolah dalam ujian nasional ditinjau dari organisasi belajar. Disertasi, tidak dipublikasikan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Retnawati, H. (2014). Teori respon butir dan penerapannya. Yogyakarta: Nuha Medika.
DOI: http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v4i2.18586
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Kampus FKIP Untirta Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42117, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika