Profil kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan teori APOS

Suratih Suratih, Ria Sudiana, Fakhrudin Fakhrudin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika. Pada umumnya kemampuan pemahaman siswa berbeda-beda, hal ini dikaitkan dengan kemampuan awal yang dimiliki setiap siswa. Perbedaan kemampuan ini dapat dilihat dari respon siswa dalam menyelesaikan berbagai masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan awal matematika setiap siswa dalam memahami konsep bangun ruang sisi datar berdasarkan teori APOS (Action, Process, Object Scheme). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 1 Ciruas sebanyak 6 orang. Teknik analisis data penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa berbeda-beda untuk setiap kemampuannya. Siswa yang memiliki kemampuan awal matematika tinggi mencapai seluruh tahapan teori APOS mulai dari aksi, proses, objek dan skema. Sementara itu, siswa yang memiliki kemampuan awal matematika sedang dapat mencapai tahap aksi dan proses, tetapi belum mencapai indikator tahap objek dan skema. Sedangkan siswa yang memiliki kemampuan awal matematikanya rendah baru bisa mencapai tahap aksi dan belum mencapai indikator tahap proses, objek, dan skema.

Full Text:

PDF

References


Arnon, I., Cottrill, J., Dubinsky, E., Oktac, A., Fuentes, S. R., Trigueros, M., & Weller, K. (2014). APOS Theory: A framework for research and curriculum development in mathematics education. New York: Springer. https://doi.org/10.1007/9781461479666

Dubinsky, E. (2001). Using a Theory of Learning in College Mathematics Courses. MSOR Connections, 1(2), 10–15. https://doi.org/10.11120/msor.2001.01020010

Fatimah, A., & Purwasih, R. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Di Islamic Boarding School Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6), 625–632. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.625-632

Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 13(01), 121–129.

Hudojo, H. (1993). Mengajar Belajar Matematika. Surabaya: Usaha Nasional.

Ida, S., & Yuniar, I. P. P. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Pada Materi Sistem Sersamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Teori APOS. SIGMA, 6(2), 141–147.

Khairani, B. P., Maimunah, & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA/MA Pada Materi Barisan Dan Deret. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1578–1587.

Maharaj, A. (2013). An APOS analysis of natural science students’ understanding of derivatives. South African Journal of Education, 33(1), 1–19. https://doi.org/10.15700/saje.v33n1a458

Maharani, R. A., Widadah, S., & Sukriyah, D. (2022). PEMAHAMAN KONSEP STATISTIKA SISWA BERDASARKAN TEORI APOS : STUDI KASUS KELAS X MIPA. Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 79–85.

Nisa, W. K. (2020). Profil pemahaman konsep materi segiempat menurut APOS ditinjau dari tipe kepribadian. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Rahmawati, H., & Supratman, M. (2021). Analisis Kemampuan Abstraksi Reflektif Siswa dalam Merekonstruksi Konsep Limit Fungsi ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Empiricism Journal, 3(1), 32–41. https://doi.org/10.36312/ej.v3i1.768

Sanjaya, W. (2014). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Prenada Media Group.

Sholihah, A. (2020). Analisis Pemahaman Relasional Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Teori APOS Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Windasari, I. Y., Prasetyowati, D., & Shodiqin, A. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Teori Apos pada Materi Barisan Geometri di Kelas XI SMA Negeri 1 Godong. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(5), 417–427. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6664




DOI: http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v5i2.23938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta KM 4 Pakupatan Serang Banten, Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: tirtamath@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika