Learning obstacle analysis on area of the triangle

Hilda Pramudita, Didi Suryadi, Nurjanah Nurjanah

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui learning obstacle yang dialami oleh siswa mengenai materi luas daerah segitiga. Sebagai subjek penelitian, penelitian ini mengambil 5 siswa yang telah mempelajari materi segitiga, 3 siswa kelas VII dan 2 siswa kelas VIII. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini karena relevan dengan tujuan penelitian. Pada penelitian ini, teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis berupa soal uraian dan juga wawancara kepada setiap siswa yang telah melakukan tes. Penelitian yang telah dilakukan menghasilkan dua learning obstacle yang dialami oleh siswa, yaitu ontogenic obstacle dan epistemological obstacle.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kemp, A., & Vidakovic, D. (2021). Ways secondary mathematics teachers apply definitions in Taxicab geometry for a real-life situation: Midset. Journal of Mathematical Behavior, 62(April 2020), 100848. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2021.100848

Bieber, C., Tuna, A., & Korkmaz, S. (2013). The Mistakes and the Misconceptions of The Eighth Grade Students On The Subject of Angles. European Journal of Science and Mathematics Education Vol. 1 No. 2. Diakses dari scimath.net/articles/12/122.pdf

Ubuz, B., & Aydın, U. (2018). Geometry knowledge test about triangles: evidence on validity and reliability. ZDM - Mathematics Education, 50(4), 659–673.

Nurfadilah, A, Hakim, A. R., Nurropidah, R. (2022). Systematic Literature Review: Pembelajaran Matematika pada Materi Luas dan Keliling Segitiga. POLINOMIAL : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-13.

Sinaga, H., & Yusup, M. (2016). Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Masalah pada Materi Garis-garis Istimewa Segitiga di Kelas VII SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 257-268.

Sari, R. R., & Roesdiana, L. (2020). Analisis Learning Obstacle Siswa SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).

Sari, P. W., Fuadiah, N. F., & Jayanti, J. (2019). Analisis Learning Obstacle Materi Segitiga Pada Siswa Smp Kelas VII. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 21-29.

Muzaky, M. F. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 1(1), 21-27.

Anisa, R., Sandie, S., & Muchtadi, M. (2023). Analisis Learning Obstacles Siswa Kelas VIII pada Materi Segitiga Rosalia Anisa. Konstanta: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(4), 117-129.

Mardiana, H., Mulyana, E. H., & Leo, S. (2013). Pengembangan Desain Pembelajaran IPA Berbasis Konstruktivisme Tentang Gaya Magnet Di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1).

Andani, M. (2021). Didactical Obstacle Siswa Kelas IX Pada Materi Deret Geometri. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(5), 887-894.

Rohimah, S. M. (2017). Analisis learning obstacles pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(1).

Noor, J. (2011). Metodelogi penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1-9.




DOI: http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v6i1.25562

Refbacks



Copyright (c) 2024 TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Kampus FKIP Untirta Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42117Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika