Systematic literature review: Effectiveness of augmented reality in mathematics learning for students in Indonesia
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afifi, F. C., Chrisnawati, H. E., & Kuswardi, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Argo (Augmented Reality Of Geometric Objects) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di SMP Negeri 3 Batang. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, 5(6), 271-280.
Arifin, A. M., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran STEM dengan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 59-73. http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.32135.
Billa, S R. F. ., & Siregar, T. M. . (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB GOOGLE SITES BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 294–302. https://doi.org/10.32670/ht.v2i2.2803
Farisi, O. I. R., & Pratamasunu, G. Q. O. (2018). Mobile Augmented Reality sebagai media pembelajaran interaktif jaring-jaring kubus dan balok. NJCA (Nusantara Journal of Computers and Its Applications), 3(2), 96-104.
Hanan, R. A., Fajar, I., Pramuditya, S. A., & Noto, M. S. (2018). Desain Bahan Ajar Berbasis Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang Bidang Datar. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SNMPM), 2(1), 287-299.
Hardiyanti, D., Rosyadi, R., & Mellawaty, M. (2020). Implementasi Augmented Reality (AR) untuk membantu siswa belajar geometri dimasa pandemi di SMPN 1 Sindang. Integral: Pendidikan Matematika, 11(2), 40-50.
Kartini, K., Sudirman, S., & Lestari, W. D. (2020). Pembelajaran Geometri Berbantuan Aplikasi Mobile Augmented Reality Pada Siswa Ekstrovert Dan Introvert. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(2), 139-156. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v6i2.2709.
Khairunnisa, S., & Aziz, T. A. (2021). Studi Literatur: Digitalisasi Dunia Pendidikan dengan Menggunakan Teknologi Augmented Reality pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(2), 53-62. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpmj/article/view/20106.
Khotimah, K., & Satiti, W. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 2(1), 99–105. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/675.
Kustiyowati, K., & Pradana, P. H. (2022). Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk SMP/MTS. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 10(2), 141-150. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1446.
Larasati, N. I., & Widyasari, N. (2021). Penerapan media pembelajaran berbasis augmented reality terhadap peningkatan pemahaman matematis siswa ditinjau dari gaya belajar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 7(1), 45-50. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.45-50.
Meilindawati, R., Zainuri, Z., & Hidayah, I. (2023). Penerapan media pembelajaran augmented reality (ar) dalam pembelajaran matematika. JURNAL e-DuMath, 9(1), 55-62. https://doi.org/10.52657/je.v9i1.1941.
Nurhaliza, S. M., Mudrikah, A., & Hakim, L. L. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penerapan Media Pembelajaran Geometry with Augmented Reality (GO-AR). PRISMA, 11(2), 467-477.
Nurwijaya, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Augmented Reality Terhadap Kemampuan Spasial Siswa. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 107-116. https://doi.org/10.46918/equals.v5i2.1563.
Pambudi, K. H. B., Buchori, A., & Aini, A. N. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android menggunakan augmented reality pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 6(1), 61-69.
Pramuditya, S. A., Pitriayana, S., Subroto, T., & Wafiqoh, R. (2022). Implementation of augmented reality-assisted learning media on three-dimensional shapes. Jurnal Elemen, 8(2), 480-493.
Saputri, S., & Sibarani, A. J. (2020). Implementasi augmented reality pada pembelajaran matematika mengenal bangun ruang dengan metode marked based tracking berbasis android. Komputika: Jurnal Sistem Komputer, 9(1), 15-24.
Sudirman, S., Kusumah, Y. S., & Martadiputra, B. A. P. (2021). Augmented reality blended learning instruction: the impact on growing motivation, attitudes, and knowledge in 3D geometry. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(4), 674-683.
Sudrajad, B.Santoso, P. H., Aswiya, T. A., & Ramadhan, A. D.P. (2013). Bubbar (Buku Belajar Berbasis Augmented Reality) sebagai media pembelajaran Kreatif dan Inovatif untuk Mengembangkan Model Belajar Kontruktivisme pada siswa SMA.
Suganda, M. S., & Fahmi, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 50-57.
Sungkono, S., Apiati, V., & Santika, S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 459-470.
Suwito, A., Astuti, N. I., Sunardi, S., & A’yun, Q. . (2023). Implementasi Augmented Reality dalam Pengajaran Mata Pelajaran Matematika di SDN Rambigundam 1. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 223–227. https://doi.org/10.59395/altifani.v3i2.370.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63–77. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916.
Waliyansyah, R., Handayanto, A., & Setyawan, B. (2020). Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar (Barsida) Menggunakan Augmented Reality (AR) Berbasis Android. Journal of Informatics Information System Software Engineering and Applications (INISTA), 3(1), 1-12. https://doi.org/10.20895/inista.v3i1.131.
Widiadnyana, P., Wiharta, D. M., & Oka Widyantara, I. (2021). PENERAPAN STRATEGI REACT BERBANTUAN AUGMENTED REALITY BANGUN RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Journal of Syntax Literate, 69(12). 10.36418/Syntax-Literate.v6i12.3007.
DOI: http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v6i2.26682
Refbacks
- » —
Copyright (c) 2025 Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Kampus FKIP Untirta Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42117, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika