Pengaruh penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap kemampuan representasi matematis ditinjau dari minat belajar siswa SMA
Abstract
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan representasi matematis ditinjau dari minat belajar siswa SMA. Pendekatan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental menggunakan nonequivalent posttest-only control group design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini didasarkan atas pertimbangan guru bidang studi matematika dan disesuaikan dengan waktu penelitian (purposive sampling). Data yang dikumpulkan pada penelitian ini melalui tes kemampuan representasi matematis dan angket minat belajar. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran CTL dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi, sedang, dan rendah. 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran CTL dengan minat belajar terhadap kemampuan representasi matematis siswa.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Fatimah, Y., Mashuri, M., & Waluya, S. B. (2024). Systematic Literature Review : Kemampuan Representasi Matematis Pada Pembelajaran Contextual Teaching and Learning. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 7, 808–813.
Hartono. (2019). Metodologi Penelitian. Zanafa Publishing.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. PT Refika Aditama.
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2019). Model-Model Pembelajaran Matematika. Bumi Aksara.
Kemendikbudristek. (2023). Laporan Pisa Kemendikbudristek. Pemulihan Pembelajaran Indonesia, h. 1-25.
Muamar, M. A. H., & Agustyarini, Y. (2022). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Matematika. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), h. 49-63.
Putri, T. A., Sinaga, C. V. R., & Purba, Y. O. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Swasta Tamansiswa Pematang Siantar. Jurnal Pof Social Science Research, 3(6), h. 125-132.
Rengganis, A., Haruna, N. H., & Sari, A. C. (2022). Penelitian dan Pengembangan. Yayasan Kita Menulis.
Rusman. (2015). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT Raja Grafindo Persada.
Sabrina, A. N., Asikin, M., Hidayah, I., & Susilo, B. E. (2023). Systematic Literature Review : Peningkatan Kemampuan Representasi Dalam Berbagai Pembelajaran. 6356(2013), h. 462-468.
Septianingrum, A., & Mardhiyana, D. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika berdasarkan Kriteria Watson ditinjau dari Gender. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 56–65.
Suprapto, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif. Innovation of Vocational Technology Education, 11(1), 23–40.
DOI: http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v6i2.27100
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Kampus FKIP Untirta Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42117, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika