PENGARUH DISKUSI KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP SIKAP DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP DI KOTA SERANG
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Anggrani, A.F., & Soesatyo, Y. (2013). Pelaksanaan Metode Diskusi Kelompok Kecil dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-4 pada Materi Masalah-masalah yang dihadapi Pemerintah di Bidang Ekonomi di SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1, 1-17.
Chang, H., Huang, K., & Wu, C. (2006). Determination of Sample Size in Using Central Limit Theorem for Weibull Distribution. International Journal of Information and Management Sciences, 17, 31-46.
Dardiri, F. (2015). Peroleh Nilai UN SMP Ke-6 se-Provinsi Banten, Dindikbud Klaim Hasil Kejujuran. Radar Banten. https://www.radarbanten.co.id/peroleh-nilai-un-smp-ke-6-seprovinsi-banten-dindikbud-klaim-hasil-kejujuran/. (diakses 24 Februari 2018).
Data Referensi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kemendikbud. (diakses 11 Maret 2018).
Davidson, N., & Kroll, D.L. (1991). An overview of research on cooperative learning related to mathematics. Journal for Research in Mathematics Education, 22, 362-365.
Fitri, R., Helma, & Syarifuddin, H. (2014). Penerapan Strategi The Firing Line pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batipuh. Jurnal Pendidikan Matematika, 3, 18-22.
Hasratuddin. (2014). Membangun Karakter melalui Pendidikan Matematika. Jurnal Didaktik Matematika, 1, 30-42.
Heck, A., & Widjaja, Y.B. (2003). How a Realistic Mathematics Education Approach and Microcomputer-Based Laboratory Worked in Lessons on Graphingat an Indonesian Junior High School. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 26, 1-51.
Johnson, D.W., & Johnson, R.T. (1999), Making Cooperative Learning Work. Theory into Practice, 38, 67-73.
Labasariyani, N.L.P., & Marlinda, N.L.P.M. (2014). Penggunaan Video Pembelajaran sebagai Alat Bantu dalam mempersiapkan Bahan Ajar Kalkulus I untuk Mahasiswa STIMIK STIKOM Indonesia. Jurnal S@CIES, 5, 1-3.
Pono, N., & Luthfi, M. (2012). Pengaruh Pembelajaran menggunakan Metode Diskusi Kelompok terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Geometri Dimensi Tiga di MAN Kalimukti Kec. Pabedilan Kab. Cirebon. Jurnal Eduma, 1, 63-72.
Samiudin. (2016). Peran Metode untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran. Jurnal Al-Murabbi, 2, 41-58.
Smith, T.J., McKenna, C.M., & Hines, E. (2014). Association of group learning with mathematics achievement and mathematics attitude among eighth-grade students in the US. Learning Environment Resources, 17, 229-241.
Vargha, A. & Delaney, H. (1998). The Kruskal-Wallis Test and Stochastic Homogenity. Journal of Educational and Behavioral Statistics, 73, 1-23.
Walpole, R.E. (1995). Pengantar Statistika Edisi Ke-3. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
DOI: http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v1i1.6886
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Kampus FKIP Untirta Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42117, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika