Pengaruh Model Pembelajaran Survey Qustion Read Recite Review (SQ3R) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik SMA Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika

Sofwan Munawar, Yuyu Yuhana, Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa

Abstract


This research is motivated by the importance of mathematical representation ability as one of five abilities that must be possessed by students in learning mathematics. The purpose of this study is to determine the effect of Survey, Questions, Read, Recite, Review (SQ3R) learning models on the mathematical representation ability of high school students. This research is a quantitative research with quasi-experimental method and pretest posttest control group design. The instrument used was a test of mathematical representation ability. The results of this study are differences in mathematical representation ability of students who get the SQ3R learning model is higher than students who get a direct learning model.

 

Keywords:  Mathematical Representations Ability, SQ3R Learning, Direct Learning


Full Text:

PDF

References


Amalia, Y., Duskri, M., & Ahmad, A. (2014). Penerapan Model Eliciting Activities untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Confidence Siswa SMA. Didaktik Matematika, 2, 38–48.

Amir, A. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran SQ3R Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Logaritma, II(02), 115–127.

Azwar, S. (2017). Penyusunan Skala Psikologi (II). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Carnine, W. D., Silbert, J., Kame’enui, J. E., & Tarver, G. S. (2010). Direct Instruction Reading.

Creswell, J. W. (2014). RESEARCH DESIGN, Qualitative, Quantitative And Mixed Methods Approaches (Fourth Edi).

Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13 no 2, 1–10.

Effendi, R. (2016a). Model Pembelajaran SQ3R Untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, I(2), 109–118.

Effendi, R. (2016b). Perbandingan Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Dan Self-Esteem Siswa SMP Yang Memperoleh Model Pembelajaran SQ3R Dan Pembelajaran Langsung Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika. Universitas Pendidikan Indonesia.

Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan PBL dan IBL Ditinjau dari Prestasi Belajar, ... ( Muhamad Farhan, Heri Retnawati ) - 227, 1(November 2014), 227–240.

Firmansyah, D. T., Zaenuri, & Mulyono. (2012). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SQ3R Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(2252). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2010). Teori-teori Psikologi. (R. Kusumaningratri, Ed.). Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Hapsari, M. J. (2011). Upaya Meningkatkan Self-Confidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Inkuiri Terbimbing. In Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema ”Matematika dan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran” pada tanggal 3 Desember 2011 di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. In F. N. Atif (Ed.) (p. 130). Bandung: Refika Aditama.

Hevriansyah, P., & Megawanti, P. (2016). Pengaruh Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM, 02(01), 37–44.

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama. Infinity, Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 85–99.

Inayah, N. N. (2008). Pengaruh Strategi Think-Talk-Write Terhadap Hasil Belajar Matematika. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Karunia, Lestari, & Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. In Anna (Ed.) (II, p. 366). Bandung: PT Refika Aditama.

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. In Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 229–235).

Lestari, K. ., & Yudhanegara, M. . (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. (Anna, Ed.). Bandung: Refika Aditama.

Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Analisa 3, 3(1), 76–84. Retrieved from http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index

Meltzer. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains In Physics: A Possible “ Hidden Variabel” in diagnostic Pretes Score. American Journal of Physics.

Muhamad, N. (2016). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 09;No 01;2, 9–22. Retrieved from www.journal.uniga.ac.id

NCTM. (2000). Principles Standards and for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc. 1906 Association Drive, Reston, VA 20191-9988.

Nizar, A. (2014). Representasi Matematis. Forum Pedagogik, VI, 110–127.

Panjaitan, D. J. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Pembelajaran Langsung. Matematics Paedagogic, I(1), 83–91. Retrieved from www.jurnal.una.ac.id/indeks/jmp

Permendikbud. PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 21 TAHUN 2016 TENTANG STANDAR ISI PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH (2016).

Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa MTs di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Didaktik Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, 9, 16–25.

Ruseffendi, E. . (2004). Pengajaran Matematika Modern. Bandung: Tarsito.

Sabirin, M. (2014). Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. JPM IAIN Antasari, 01(2), 33–44.

Subekti, F. E., & Yanuarto, W. N. (2008). Peningkatan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Pembelajaran SQ3R, 1–8.

Sugiyono. (2011). Statistika untuk Penelitian (19th ed.). Bandung: Alfabeta.

Sukaesih, E., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2020). Pengaruh model connecting, organizing, reflecting, extending (CORE) terhadap kemampuan koneksi ditinjau dari kemampuan awal matematis. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 2(1), 86-100.

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Tangkas, I. M. (2012). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan pemahaman konsep dan Keterampilan proses sains siswa kelas X SMAN 3 Amlapura . Universitas Pendidikan Ganesha.

Wijatranti, D. T. (2009). Pengaruh Pembelajaran Matematika Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Winkel, W. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v2i2.8324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta KM 4 Pakupatan Serang Banten, Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: tirtamath@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika