Analisis Kemandirian Belajar Siswa Berdasarkan Gender di MTs Al-Khairiyah Pakuncen Serang Banten

Nurul Shofwah, Hepsi Nindiasari, Syamsuri Syamsuri

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemandirian belajar siswa berdasarkan jenis kelamin di kelas VIII MTS Al-Khairiyah Pakuncen Kecamatan Bojonegera Kabupaten Serang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas MTs Al-Khairiyah Pakuncen Kecamatan Bojonegera Kabupaten Serang. Sampel yang digunakan hanya dua siswa kelas VIII yaitu siswa kelas VIII A dan siswa kelas VIII B yang berjumlah 50 siswa. Kemudian 50 siswa dikelompokkan menjadi 2 kelompok berdasarkan jenis kelamin yaitu 27 siswa perempuan dan 23 siswa laki-laki. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket kemandirian belajar siswa. Satu-satunya teknik analisis data yang digunakan adalah mann-withney U-test. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa pada incator memilih, menentukan strategi pembelajaran dengan sig = 0,0082 sig <a, dengan a = 0,05 sedangkan pada delapan indikator lainnya tidak terdapat perbedaan berdasarkan jenis kelamin. . Indikator Inisiatif pembelajaran, mendiagnosis kebutuhan pembelajaran, menetapkan tujuan / target pembelajaran, memantau, mengelola dan mengendalikan pembelajaran, memandang kesulitan sebagai tantangan, memanfaatkan dan menemukan sumber daya yang relevan, mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran, Self efficacy / kemampuan

Full Text:

PDF

References


Abdullah Sani, Ridwan. (2015). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Bumi Aksara.

Amir, Zubaidah dan Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Anggreini, Fifi. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Banten: Universitas Agung Tirtayasa.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

_____________. 2010. Manajemen Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta

Azwar, Saifudin . 2009.Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Discussion Draft. (1998). Principles and Standards for School Mathematics. NCTM.

Eka, Rita. Siti Partini. Yulia Ayriza Dkk.2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Ernawati. (2016). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa MTs Negeri Parung Kelas VII dalam Materi Segitiga dan Segiempat. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro

Hendriana, Heris, dkk, (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematis Siswa.

Bandung: PT Refika Aditama.

Iredho Fani Reza.2010. Penyusunan Skala Psikologi, Palembang: Nurfikri Offset.

Karunia Eka Lestari dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara.2018.Penelitian Pendidikan Matematika.Bandung: Refika Aditama

Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Pt Refika Aditama.

Mudjiman, Haris. (2006). Belajar Mandiri. Surakarta: UNS dan UNS Press.

Narwoko Dwi dan Bagong Yuryanto. 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nindiasari, Hepsi. 2013. Meningkatkan Kemampuan Dan Disposisi Berpikir Reflektif Matematis Serta Kemandirian Belajar Siswa SMA Melalui Pembelajaran dengan pendekatan Metakognitif. 2013. Bandung: Repository UPI

Nurgiyantoro, Burhan. Gunawan dan Marzuki. 2009. Statistik Terapan: untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurgiyantoro, Burhan.2009. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompotensi. Yogyakarta: Bpfe Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

PISA.2018 Results. (2019). Combined Executive Summaries Volume I, II, III,OECD.

Pradika, L., & Syamsuri, S. (2019). Penfaruh diskusi kelompok dalam pembelajaran matematika terhadap sikap dan hasil belajar siswa SMP di Kota Serang. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 1(1), 47-59.

Prihasyto, M., Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2019). Pendekatan Problem Centered Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar matematika ditinjau dari gaya belajar. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 1(1), 16-34.

Priyatno, Duwi. 2010. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta : Gava Media.

Purwanto, Ngalim. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Santoso, Singgih. 2015. Analisis SPSS pada Statistika Parametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sugihartono. Nur, Kartika F. Farida Harahap Dkk.2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.

Sugiyono. 2008. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

__________. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta

__________. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Suryabrata, Sumardi.2015. Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali Press.

Walle, John A Van De. (2006). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta:Penerbit Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v2i2.8999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Raya Jakarta KM 4 Pakupatan Serang Banten, Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: tirtamath@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika