PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ISU KONTROVERSIAL TERHADAP PEMBENTUKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Sulkipani Sulkipani, Edwin Nurdiansyah, Mariyani Mariyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran isu kontroversial dalam membentuk keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Adapun metode penelitian ialah Quasi Experimental Design dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Dengan istilah kelas kontrol dan kelas eksperimen. Yang menjadi sampel pada penelitian ini ialah mahasiswa pendidikan sejarah dan pendidikan Bahasa sastra semester 1  yang mengambil mata kuliah PKn. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes dan observasi. Adapun hasil penelitian ini diperoleh disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran kebijakan isu kontroversial terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah PKn. Hasil pretest dan postets mahasiswa yang menunjukkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rerata pretest sebesar 52,58 dan kelas kontrol 51,91. Sedangkan rerata hasil postest pada kelas eksperimen ialah 84,35 dan rerata hasil postets pada kelas kontrol ialah 81,28. Uraian data menunjukkan bahwa rerata kelas eksperimen lebih besar dari rerata kelas kontrol pada saat posttest. Untuk uji hipotesis di dapatkan pula hasil yang menujukkan pengaruh signifikan model pembelajaran kebijakan isu kontroversial terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah PKn. Dengan diperkuat hasil uji Wilcoxon diketahui Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari <0,05

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ennis, R.H. (1985). Goals for A Critical Thiking Curriculum. Costa, A.L. (Ed). Developing Minds A Resource Book for Teaching Thinking. Alexandra, Virginia: Assosiation for Supervisions and Curriculum Development (ASCD).

Mulyati, Cici. (2012). Pembelajaran PKn Dengan Menerapkan Pendekatan Kontekstual (CTL) Melalui Model Pembelajaran Controversial Issues Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik. Skripsi Sarjana pada FPIPS UPI Bandung.

Somantri Nurman (2001). Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung : Rosda Karya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi

Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: Bumi Aksara

Suharsa Putra Uhar (2012) Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan Tindakan. Bandung: PT Refika Adiitama

Sukmadinata, Nanan Syaodih (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya

Wilson, V. (1965). Can Thingking Skills Be Taught: A Paper For Discussion. Scottish Council For Research In Education. Diakses 14 Agustus 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v5i2.10512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats