PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI WAHANA PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT PEMIKIRAN UDIN S. WINATAPUTRA

Wahyudin Noe, Hasmawati Hasmawati, Nur Rumkel

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi kepedulian peneliti terhadap fenomena dekadensi moral siswa yang disinyalir merupakan salah satu dampak dari globalisasi yang bebas nilai, seperti hedonis, seks bebas, miras, narkoba, tawuran, bullying, dsb. Kondisi demikian menjadi perhatian serius bagi dunia pendidikan khususnya lembaga sekolah yang berperan sebagai wahana psiko-pedagogis dan sosio-pedagogis dalam membentuk karakter yang baik (good character) bagi siswa. Pembentukan karakter siswa dilakukan melalui pembiasaan (habituasi) dalam pergaulan sehari-hari maupun melalui proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di kelas. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk menggali lebih dalam mengenai pemikiran Udin S. Winataputra selaku pakar dalam bidang citizenship education dengan sebuah judul penelitian yaitu PKn sebagai wahana pendidikan karakter menurut pemikiran Udin S. Winataputra.  

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan sejauhmana PKn dapat berfungsi sebagai pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) yaitu studi yang menggunakan berbagai literatur, buku, dan referensi lainnya sebagai objek utama. Data penelitian ini diperoleh dari data-data kepustakaan lalu dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasilnya menjelaskan bahwa PKn dikatakan sebagai wahana pendidikan karakter karena didasarkan pada kajian Udin S. Winataputra yang berkaitan dengan pengembangan karakter warganegara yang meliputi, yaitu: 1) pendidikan budi pekerti sebagai prakonsepsi pendidikan kewarganegaraan, dan 2) pendidikan kewarganegaraan sebagai wahana pendidikan karakter.

 

Kata Kunci: Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Karakter, Udin S. Winataputra


Full Text:

PDF

References


Dewantara, K. H. (2013). Ki Hadjar Dewantara (I Pendidikan); pemikiran, konsepsi,keteladanan, sikap merdeka. (Cetakan kelima). Jokyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa bekerjasama dengan Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Djahiri, A. K. (2006). Esensi Pendidikan Nilai dan Moral dan PKn di Era Globalisasi dalam Pendidikan Nilai Moral dalam Dimensi Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab. PKn fpips upi.

Elkind, D. and Sweet, F. (2004). How To Do Character Education, dipublikasikan pada Issue of Today’s School Sept/Oct 2004, under the title “You Are a Character Educator.” Diakses dari http://www.goodcharacter.com/Articles.html. 28 Februari 2021.

Gronbach. (1977). Educational Psychology (3 rd edition). New York: Harcourt Brace Jovenovich, Inc.

Hadi, S. (1989). Metodologi Research. [online]. Diakses dari http://eprints.umm.ac.id/44470/4/jiptummpp-gdl-adiirfanma-53932-4-babiii.pdf. 28 Februari 2021.

Kemendiknas (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum (BP3K).

Lickona, T. (2015). Character Matters; How To Help Our Children Develop Good Judgment, Integrity, and Other Essential Virtues. (Cetakan ketiga). Penerjemah oleh Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara.

Lickona, T. (2013). Educating for character: how our school can teach respect and responsibility. (Cetakan ketiga). Penerjemah oleh Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara.

Ljunggren, C. (2014). Citizenship Education and National Identity: Teaching Ambivalence. Policy Futures in Education,12(1), hlm. 24-47.

Mirzaqon T. A dan Budi Purwoko (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan raktik Konseling Expressive Writing. Jurnal BK Unesa, 8(1).

Muhadjir, N. (1998). Metode Penelitian Kualitatif. [online]. Diakses dari http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/15946/g.%20BAB%20III.pdf?sequence=7&isAllowed=y. 28 Februari 2021.

Sapriya. (2007). Perspektif pemikiran pakar tentang pendidikan kewarganegaraan dalam membangun karakter bangsa. (Disertasi). SPs UPI Bandung.

Soemantri, N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sunatra. (2016). Pendidikan Politik Kewarganegaraan. Bandung: Lekkas.

Wahab, A.A. dan Sapriya. (2001). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

Winataputra, U.S. (2015). Pendidikan Kewarganegaraan; Refleksi Historis-Epistemologis dan Rekonstruksi Untuk Masa Depan. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Winataputra, U.S. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Pendidikan untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa (Gagasan, Instrumentasi, dan Praksis). Bandung: Widya Aksara Press.

Winataputra, U.S. (2006). Meteri dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Winataputra, U. S. dan Budimansyah, D. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Internasional (Konteks, Teori, dan Profil Pembelajaran). Bandung: Widya Aksara Press.

Wynne, E.A. (1991). Character and academics in the elementary school dalam Beningga, Jasques S. (Editor). Moral, character, and civic education; in the elementary school. New York and London: Teachers College Press.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v6i1.11350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats