INTEGRASI NILAI TOLERANSI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI PERGURUAN TINGGI DI MASA PANDEMI COVID 19

Asep Mahpudz, Anthonius Palimbong, Alri Lande

Abstract


Tujuan mengintegrasikan nilai toleransi pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi adalah untuk membentuk warga negara yang mampu mewujudkan adab sebagai warga negara Indonesia. Pendidikan merupakan salah satu cara yang baik untuk menanamkan toleransi, terlebih di saat masa pandemi covid 19. Langkah mengintegrasikan dan menumbuhkan sikap toleran pada mahasiswa dalam pembelajaran PKN melalui: 1) pembelajaran virtual dengan penguatan aspek kedamaian, menghargai perbedaan individu dan kesadaran; 2) pemberian tugas yang mendukung pengembangan potensi peserta didik dalam aspek keterampilan sosial; dan 3) pengelolaan pembelajaran yang mengakomodasikan tantangan dan peluang kondisi peserta didik. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Dengan mengintegrasikan nilai toleransi pada pembelajaran PKN di Perguruan Tinggi, mahasiswa dapat menghargai keberagaman, tumbuh sikap cinta dan peduli terhadap sesama dimasa pandemi covid 19, menghilangkan sikap curiga dan diskriminasi terhadap warganegara yang terpapar covid 19, sehingga akan tercipta warga negara yang toleran.

 

Kata Kunci: Pendidikan Kewarganegaraan, Perguruan Tinggi, Nilai Toleransi, Pandemi

                     Covid 19


Full Text:

PDF

References


Czepil, M., Karpenko ,O., Revt, A., & Istomina, K. (2019). Formation of students’ ethnic tolerance in institutions of higher education. Advanced Education, 12, 114-119. DOI: 10.20535/2410-8286.168675

Farhan, W., Razmak, J., Demers, S., & Laflamme, S. (2019). E-learning Systems Versus Instructional Communication Tools: Developing And Testing A New E-Learning User Interface From The Perspectives Of Teachers And Students. Technology in Society, 59, 101192. doi: https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2019.101192

Granel, N., Leyva-Moral, J. M., Bernabeu-Tamayo, M. D., Gómez-Ibáñez, R., Watson, C. E., & Aguayo-González, M. P. (2019). Student satisfaction with content and language integrated learning in nursing education: A cross-sectional study. Nurse Education in Practice, 38, 21– 26. doi: https://doi.org/10.1016/j.nepr.2019.05.011

Hew, K. F., Hu, X., Qiao, C., & Tang, Y. (2020). What predicts student satisfaction with MOOCs: A gradient boosting trees supervised machine learning and sentiment analysis approach. Computers & Education, 145, 103724. doi: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103724

Isaac, O., Aldholay, A., Abdullah, Z., & Ramayah, T. (2019). Online learning usage within Yemeni higher education: The role of compatibility and task-technology fit as mediating variables in the IS success model. Computers & Education, 136, 113–129. doi: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.02.012

Karim, Bisyri Abdul (2020), Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pandemi Covid-19 (Refleksi Sosiologis), Education and Learning Journal Vol. 1, No. 2, Juli 2020, pp. 102-112 http://jurnal.fai@umi.ac.id

Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108–116. doi: https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956

Liu, Q., Geertshuis, S., & Grainger, R. (2020). Understanding academics’ adoption of learning technologies: A systematic review. Computers & Education, 151, 103857. doi: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103857

Napitupulu, R.M.,(2020), Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kepuasan Pembelajaran Jarak Jauh, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Volume 7, No. 1, April 2020 (23-33), Online:http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp,https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1. 32771

Nylund, H., & Lanz, M. (2020). Interactive learning activities for education of factory level orderto-delivery process. Procedia Manufacturing, 45, 504–509. doi: https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.04.065

Pahlevi, F. S., (2017), Eksistensi Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi Dalam Memperkokoh karakter Bangsa Indonesia, Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam berbasis sains, Vol 2 No 1 Tahun 2017

Samudro, E.G., & M. Adnan Madjid, (2020), Pemerintah Indonesia Menghadapi Bencana Nasional Covid -19 Yang Mengancam Ketahanan Nasional, Jurnal Ketahanan Nasional Vol. 26, No. 2, Agustus 2020, Hal 132-154

Sari, S., Aryansah, J., & Sari, K. (2020). Resiliensi Mahasiswa dalam Menghadapi Pandemi Covid 19 dan Implikasinya terhadap Proses Pembelajaran. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 9(1), 17-22. https://doi.org/10.15294/ijgc.v9i1.38674

Shen, C., & Ho, J. (2020). Technology-enhanced learning in higher education: A bibliometric analysis with latent semantic approach. Computers in Human Behavior, 104, 106177. doi: https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.106177

Wang, C., Hsu, H.-C. K., Bonem, E. M., Moss, J. D., Yu, S., Nelson, D. B., & Levesque-Bristol, C. (2019). Need satisfaction and need dissatisfaction: A comparative study of online and face to-face learning contexts. Computers in Human Behavior, 95, 114–125. doi: https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.01.034

Widodo, B. & Egi Nurholis, (2019), Revitalisasi Epistemologis Pendidikan Kewarganegaraan: Upaya Meminimalisir Bencana Sosial , Jurnal Artefak Vol.6 No.2 September 2019. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/artefak

Winataputra, U. S., (2016), Posisi Akademik Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Dan Muatan/Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Ppkn) Dalam Konteks Sistem Pendidikan Nasional, Jurnal Moral Kemasyarakatan Vol. 1, No.1, Juni 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v6i1.11351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats