STUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS SPADA DAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM RANGKA MENGEMBANGKAN CIVIC COMPETENCES PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR KEWARGANEGARAAN INDONESIA
Abstract
Kemunculan wabah virus covid-19 telah “memaksa” proses pembelajaran dilakukan secara daring, hal ini mengakibatkan para pendidik harus lebih kreatif dalam mengemas proses pembelajaran tersebut sehingga tujuan dari pembelajaran bisa tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran online berbasis SPADA dengan model pembelajaran Problem Based Learning ditinjau dari perkembangan civic competensi mahasiswa pada mata kuliah konsep dasar kewarganegaraan indonesia. Metode Penelitian yang digunakan ini merupakan penelitian Research And Development dengan menggunakan model ADDIE. Langkah-langkah pada penelitian pengembangan ini ada 4 (empat) tahapan yaitu Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Dalam penelitian ini akan dikembangkan buku ajar mata kuliah konsep dasar kewarganegaraan indonesia
Full Text:
PDFReferences
Al- Tabany, Trianto Ibnu Badar. (2014).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.
Asyari, Marhamah, et all. (2016). Improving critical thinking skills through the integration of problem based learning and group investigation. International Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), hlm.36-44.
Avsec, Stanislav & Slavko Kocijancic. (2014). The effect of the use of an inquiry-based approach in an open learning middle school hydraulic turbine optimisation course. Journal World Transactions on Engineering and Technology Education,12(3).
Bentley, C.Danielle. (2014). Inquiry Guided Learning Projects for the Development of Critical Thinking in the College Classroom: A Pilot Study. Journal Collected Essays on Learning and Teaching, VII(2).
Burris, S & Bryan L. Garton. (2007). Effect of instructional strategy on critical thinking and content knowledge: using problem-based learning In the secondary classroom. Journal of Agricultural Education, 48(1), hlm.106 – 116.
Lang R. Hellmut & David N.Evans. (2006). Models, Strategies, and Methods. United States of America:Pearson Education,Inc.
Lunenburg, C. Fred. (2011). “Critical Thinking and Constructivism Techniques for Improving Student Achievement”. National Forum Of Teacher Education Journal, 21(3),hlm.1-9.
Masek, Alias & Sulaiman Yamin. (2011). The Effect of Problem Based Learning on Critical Thinking Ability: A Theoretical and Empirical Review. International Review of Social Sciences and Humanities, 2(1), hlm.215-221.
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sadia, I Wayan. (2014). Model-model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu. Santihosi, Rosida Evi. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Metode Diskusi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. (Thesis). Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Subekti L. (2015). Model Problem Based Learning Dalam Layanan BK Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 16(3), hlm.60-68.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v6i2.13717
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats