KETELADANAN GURU SEBAGAI PENGUAT PROSES PENDIDIKAN KARAKTER

Novia Wahyu Wardhani, Margi Wahono

Abstract


Kajian ini berawal dari banyaknya fenomena kegagalan pendidikan karakter yang dilaksanakan di sekolah-sekolah yang diakibatkan tidak adanya figur karakter yang dapat dicontohnya padahal pendidikan karakter akan berhasil ketika lingkungan pembentuk karakter mendukung. Salah satunya adalah ketersediaannya figur teladan. Teladan adalah sesuatu yang patut dicontoh baik itu nilai, sikap, dan perilakunya. Pendidik merupakan figur utama dalam lingkungan pendidikan yang utama dijadikan teladan bagi peserta didik. Pendidik bukan hanya dilingkungan sekolah namun juga dilingkungan keluarga dan masyarakat seperti guru, orang tua dan tokoh masyarakat. Untuk memperlancar pencapaian tujuan pendidikan karakter maka harus dibentuk teladan dalam lingkungan pembentuk karakter sebagai bagian dari komponen penguat karakter peserta didik. Maka dari itu, pendidikan karakter di sekolah harus menyediakan figur teladan untuk contoh bagi peserta didik. Dengan guru memiliki nilai, sikap, dan perilaku yang dapat diteladani maka peserta didik bukan hanya memiliki pengertian tentang nilai namun juga pemahaman dan keyakinan akan nilai yang ingin dibentuk karena adanya figur teladan.

Full Text:

PDF

References


Ferrari, M., & Potworowski, G. Ed. 2009. Teaching for Wisdom: Cross-Cultural Perspectives on Fostering Wisdom. Netherland: Springer.

Gay, G. 2000. Culturally Responsive Teaching: Theory, Research, and Partice.

New York: Teachers Collage Press.

Gede Raka, Dkk. 2011. Pendidikan karakter di sekolah. Kompas Gramedia: Jakarta.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hidayat, Ujang Syarif dan Ramdhan, Muhammad Rizki. 2015. Pendidikan Karakter Di Sekolah (strategi membangun generasi muda yang bermartabatb dan budi pekerti). Budi mulya: Sukabumi.

Istinganah, Ifa. 2015. Pengaruh Keteladanan Guru Aqidah Akhlak Dan Keteladanan Orang Tua Terhadap Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Siswa Di MTSN Sekabupaten Blitar. Pascasarjana IAIN Tulungagung: Tulungagung.

Koesoema, Doni 2010. Pendidikan Karakter strategi mendidik anak di zaman global. Grasindo: Jakarta

_______. (2015). Strategi Pendidikan Karakter Revolusi mental dalam lembaga pendidikan. Kanisius: Jakarta.

Lickona, T. 1992. Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books: New York.

Maxwell, john C. 1991. The 21 Indispensable Qualities of a Leader. Thomas Nelson Publishing. Canada

Noviatri, Nurna. 2014. Kontribusi Keteladanan Guru Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas V Sd Negeri Se-Kecamatan Mantrijeron Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Negeri Yogyakarta : Yogyakarta.

Pemerintah Republik Indonesia. 2010. Desain Induk Pembangunan Karakter Bangsa Tahun 2010-2015.

Preiss D.D., & Sternberg, R.J., Ed. 2010. Innovations in Educational Psychology: Perspective on Learning, Teaching and Human Development. New York: Springer.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2011, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Sani, Miss Nisaipah. 2016. Peranan Keteladanan Guru Dalam Penanaman Akhlak Siswa (Studi Kasus Di Smp Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun 2015/2016). Universitas Muhammadiyah Surakarta: Surakarta.

Sternberg, R.J. 2003. Wisdom Intelligence, and Creativity Synteshized. New York: Oxford University Press.

Sternberg, R.J., & Jordan, J. Ed. 2005. A Handbook of Wisdom: Psychological Perspective. Cambridge: Cambridge University Press.

Undang-Undang No.20 Tahun 2013 Tentang Tujuan Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v2i1.2801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats