UPAYA PEMBINAAN FISIK DAN MENTAL (PFM) DALAM MEMBANGUN KEDISIPLINAN SISWA DI SMK PGRI 3 CIMAHI

Andrian Andrian

Abstract


Penelitian ini yang berlatar belakang permasalahan di SMK PGRI 3 Cimahi yang masih banyak siswa yang tidak mematuhi peraturan yang berlaku sehingga perilaku disiplin belum tampak pada dirinya. Sikap perilaku disiplin merupakan sesuatu yang sangat penting. Oleh karena itu, sangat beralasan apabila berbagai upaya dilakukan untuk membina, menumbuhkan, dan mengembangkan kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam menumbuhkan kedisiplinan sekolah mengadakan kegiatan pembinaan fisik dan mental. Pembinaan di sekolah SMK PGRI 3 Cimahi menjadi hal yang harus dikembangkan agar siswa dapat bertingkah laku dengan baik. Tujuan yang ingin di capai dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kegiatan pembinaan fisik dan mental, untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kedisiplinan siswa, untuk mengetahui upaya yang dilakukan kegiatan pembinaan fisik dan mental dalam membangun kedisiplinan siswa di SMK PGRI 3 Cimahi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang mendeskripsikan tentang fenomena-fenomena yang ada. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini bahwa pembinaan fisik dan mental yang diberikan di SMK PGRI 3 Cimahi sangat mempengaruhi tingkat kedisiplinan karena dengan adanya bentuk-bentuk kegiatan pembinaan yang diselenggarakan kepada siswa SMK PGRI 3 Cimahi khususnya kelas XI dapat memperbaiki tingkah laku kedisiplinan siswa di lingkungan. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa siswa SMK PGRI 3 Cimahi memiliki perubahan tingkat kedisiplinan yang baik, yaitu mereka dapat melakukan kebiasaan yang positif baik itu di lingkungan formal, informal dan nonformal.

Full Text:

PDF

References


Almasdi, Y. 2006. Aspek Sikap Mental dalam Manajemen Sumber daya Manusia. Bogor: Ghalia Indonesia

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Claylindgren, H. 1980. Educational Psychology In The Classroom.: Oxford University press, New York,

Creswell, John. W. 2010. Desearch Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bahri, Syamsul. 2008. Tanggung Jawab,Disiplin, Jujur itu Keren (Pendidikan Anti Korupsi Kelas 1 SMP/MTS). Jakarta: KPK Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat

Budimansyah, D. 2010. Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan untuk membangun Bangsa. Bandung : Widya Aksara Press

Danial, E dan Warsiah, N.2009. Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboraturium PKn UPI

Desmita. 2011. Psikolog Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Djoko Pekik, Irianto. 2004. Bugar dan Sehat dengan Berolahraga. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Ferris, A.L. 2010. Approaches to Improving the Quality of life ‘How to Enhance the Quality of life. London: Spinger Dordrecht Heideberg

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Bandung: Alfabeta

Hasan Langgulung. 1992. Teori-teori Kesehatan Mental. Jakarta: Pustaka Al-Husna

Hidayat. S. 1979. Pembinaan Perkotaan di Indonesia: Tinjauan dari Aspek Administrasi Pemerintah. Jakarta : Bina Aksara

Hidayat, H. S. 2013. Pengaruh Kerjasama Orang Tua Dan Guru Terhadap Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri Kecamatan Jagakarsa - Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah WIDYA. Volume 1 Nomor 2 Juli-Agustus 2013

Hidayatullah, Furqon.2010.Pendidikan Karakter; Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 2, Jakarta: Erlangga

Hurlock, Elizabeth B. 1999. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Husdarta. 2014. Psikologi Olahraga. Bandung : Alfabeta

Imron, A. 2011. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara

James Draver. A Dictionary of Psychology. New York: Pengin Books

Lemhanas.1997. Disiplin Nasional. Jakarta : Balai pustaka

Mangkunegara, A, P. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Rosdakarya

Mangunhardjana, A. 1996. Pembinaan Arti dan Metodenya. Yogyakarta: Penerbit Kanisius

Moleong, L.J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Muhibin Syah. (1999). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Musbikin, Imam. 2005. Mendidik Anak Nakal. Madiun: Forum Studi Himanda

Nasution. 2003. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara

Nasution, Noehi. 1993. Materi Pokok Psikologi Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka

Nazir, Moh.2011.Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia

Pamudji.1985. Pembinaan Perkotaan di Indonesia. Jakarta : Bina Aksara

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.39 tahun 2008 tentang tujuan Pembinaan Kesiswaan

Priodarminto, Sugeng. 1994. Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta Pradika Pramita.

Rimm, Sylvia. 2004. Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anak Prasekolah. Jakarta: Gramedia

Rusyandi, T dan D,H,J. 1997. Penerapan Gerakan Disiplin Nasional dalam Proses Pembelajran. Cianjur: CV Kandaga Cipta Karya

Sajoto.1998.Pembinan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Jakarta: Depdikbud

Satori, Djam’an.2007. Metode Penelitian Kualitatif (mata kuliah Analisis Penelitian Kualitatif). Bandung : Sekolah Pascasarjana UPI

Soetopo, H. &Soemanto, W.1991. Pengantar Operasional Administrasi Pendidikan. Surabaya : Usaha nasional

Simanjuntak, B dan Pasaribu.1990. Membina dan mengembangkan generasi muda. Bandung : Tarsito

Semiawan, Conny R. 2009. Penerapan Pembelajaran Pada Anak. Jakarta: PT Ideks.

Sugiyanto. 1996. Perkembangan dan Belajar Motorik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan Direktorat Jendral

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Surakhmad, W.1994. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung : Tarsito

Syafruddin.2005. “Hubungan Antara Disiplin Belajar dan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia SMA PGRI Sungguminasa Kabupaten Gowa”. Tu’u T.2004. Peran Disiplin pada perilaku dan Prestasi. Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Wahjosumidjo. 2011. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Bandung: Alpabeta

Yusuf Syamsu. 2006. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya

Website :

Ramdani. 2012. “Disiplin Siswa”. Jurnal. [Online]. Tersedia: http://i-oneramdanialwayz.blogspot.co.ic/2012/07/jurnal-disiplinsiswa.html (diakses pada tanggal 18 September 2016)

Annisa Fitriani. 2014. Pembinaan Kedisiplinan Siswa Melalui Model Pembiasaan di SMP Daarut Tauhid Boarding School. Skripsi. Sarjana pada FPIPS UPI Bandung : tidak diterbitkan

Dharmawan, T. 2010. Penerapan Hukuman Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Siswa di Sekolah (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Negeri Situraja). Skripsi Sarjana pada FPIPS UPI Bandung : tidak diterbitkan

Handayani, Rinawati. 2007. Penanaman Disiplin dalam Menaati Peraturan dan Tata Tertib. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.

Toi’ah. 2011. Upaya Meningkatkan Pemahaman Kedisiplinan Siswa Melalui Layanan Informasi Dengan Penerapan Teknik Problem Solving di Kelas X.5 SMA Negeri 1 Bojong Kab.Pekalongan. Skripsi. Program Sarjana Universitas Negeri Semarang




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v2i2.2806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats