IMPLEMENTASI INSERSI PENDIDIKAN KEDAMAIAN (PEACE EDUCATION) MELALUI MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Rizal Fahmi, Nursanda Rizki Adhari, Ilham Aji Pangestu, Zindan Baynal Hubi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis konsep kedamaian untuk dapat diimplementasikan, harmonisasi dan sinkronisasi kedalam konsep pendidikan khususnya Pendidikan Kewarganegaraan. Tidak ada pembangunan berkelanjutan tanpa kedamaian. Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang heterogen, hal ini menjadi perhatian khusus mengingat hal tersebut dapat menjadi faktor pendukung maupun penghambat pembangunan dan kemajuan bangsa. Pendidikan kedamaian merupakan cara yang relevan dalam menanamkan kesadaran hidup yang damai dalam perbedaan. Pendidikan Kewarganegaraan sebagai bidang studi yang dapat menjadi wahana untuk mengimplementasikan pendidikan kedamaian pada sosok Dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di lingkup Perguruan Tinggi, maka perlu adanya usaha pembentukan good and smart citizenship yang beratribut kedamaian, maka diperlukan kurikulum yang memuat ide dasar, konsep, prinsip, keterampilan, dan kualitas yang afektif. Berdasarkan perspektif Pendidikan Kewarganegaraan yang akan menjawab permasalahan terkait dengan pengetahuan, kemampuan, nilai-nilai dan sikap kedamaian, maka perlu adanya insersi Pendidikan Kedamaian kedalam suatu kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode penelitian yang digunakan peneliti pada penelitian ini adalah studi kasus yang mencakup pengkajian bertujuan memberikan gambaran secara mendetail mengenai latar belakang, sifat maupun karakter yang ada dari suatu kasus, dengan kata lain bahwa studi kasus memusatkan perhatian pada suatu kasus secara intensif dan rinci. Penelitian dalam metode dilakukan secara mendalam terhadap suatu keadaan atau kondisi dengan cara sistematis mulai dari melakukan pengamatan, pengumpulan data, analisis informasi dan pelaporan hasil.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v7i1.30788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats