PEMIKIRAN: MENETRALISIR RADIKALISME DI PERGURUAN TINGGI MELALUI PARA DOSEN

Agus Sediadi Tamtanus

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk dapat menyampaikan beberapa pokok-pokok pemikiran berdasarkan metode kualitatif dan kuantitatif. Pokok-pokok pemikiran ditransformasikan ke dalam bentuk pertanyaan yang disebarkan kepada para alumni peserta diklat prajabatan di Pusdiklat-Kemenristekdikti Tahun 2016. Hasil uji validitas dari 15 pertanyaan, ada 3 (tiga) pertanyaan yang valid (RHitung>RTabel) dan hasil uji reliabilitas secara umum pertanyaan yang ada termasuk katagori cukup reliabel dengan kisaran 0,41-0,60 pada skala Alpha Cronbach. Pemikiran tersebut diharapkan dapat dilakukan oleh seluruh dosen di kampus tanpa melihat latar belakang ilmu, yaitu: (1) Para dosen harus lebih meningkatkan kepeduliannya terhadap para mahasiswanya; (2) Para dosen harus secara berkesinambungan dan aktif mengingatkan para mahasiswanya untuk dapat menghindari kegiatan-kegiatan yang mendorong radikalisme dikampus; dan (3) Para dosen harus lebih aktif berinteraksi dan berkomunikasi dengan seluruh mahasiswanya, tanpa melihat fakultasnya pada setiap kesempatan

Full Text:

PDF

References


Abubakar, F. (2015). Pengaruh Komunikasi Interpersonal antara Dosen dan Mahasiswa Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Mahasiswa Effect of Interpersonal Communication Between Lecturer and Students of Learning and Achievement Motivation for Students. Jurnal Pekommas (Vol. 18). https://media.neliti.com/

media/publications/222386-pengaruh-komunikasi-interpersonal-antara.pdf.

Aliakov, M. (2012). Berkembanya Radikalisme di Perguruan Tinggi. Tugas Akhir Kuliah Pendidikan Pancasila. http://download.portalgaruda.org/article.

Andrian. (2018). Perspektif guru sebagai agen pembaharu (Agent of Change) Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Kewarganegaraan. UCEJ, 3(1), 79–100.

Apriliana, D. P., Raharjanti, A. I., Sulastri, A., Noviana, D., & Nur, N. (2017). Respons Mahasiswa terhadap Kebijakan Deradikalisasi Pemerintah. Academica, 1(1), 96–109.

Ardhana, W. (2009). Etika mahasiswa dalam menjalani dunia kampus, 1. Retrieved from http://wayanardhana.staff.ugm.ac.id/etika_mahasiswa.pdf.

Arifuddin. (2016). Pandangan dan Pengalaman Dosen UIN Alauddin Makassar dalam Upaya Mengantisipasi Gerakan ISlam Radikal di Kalangan Mahasiswa. Al-Ulum, 16(2), 435–453.

Aspinall, E. (2015). The New Nationalism in Indonesia. Asia & the Pacific Policy Studies, 3(1), 72–82. https://doi.org/10.1002/app5.111

Azhari, D. S. & A. (2017). Peran Dosen dalam Mengembangkan Karakter Mahasiswa. Jurnal Pelangi, 9(2), 88–97.

Azyumardi Azra. (2016). Agama dan Nasionalisme | Republika Online. Retrieved March 31, 2018, from http://republika.co.id/berita/kolom/resonansi/16/03/09/o3rx1b319-agama-dan-nasionalisme

Bali, M. M. (2013). Peran Dosen dalam Mengembangkan Karakter Mahasiswa. Humaniora, 4(45), 800–810.

BNPT. (2016). Strategi Menghadapi Paham Radikalisema Terosrisme-ISI. http://belmawa.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/12/Strategi-Menghadapi-Paham-Radikalisme-Terorisme.pdf.

Cambrige, U. (n.d.). Cambridge Advanced Leraners Dictionary. In 2008 (p. 1170). Singapore: Vambridge University Press.

Gunawan, R. (2012). Nasionalisme Pemuda Dalam Perubahan Sosial. Seminar APPS Di UPI Tanggal 16 Februari 2012. http://repository.uhamka.ac.id/14/1/2012 RG makalah APPS.pdf.

Kertamukti, R. (2013). Strategi Komunikasi Antar Pribadi Dosen dan Mahasiswa Dalam Pengembangan Jiwa Kreatif (Studi Deskriptif pada Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga). Jurnal Komunikasi Profetik, 06(2). https://media.neliti.com

/media/publications/224253-strategi-komunikasi-antarpribadi-dosen-d.pdf.

Khamdan, M. (2015). Rethinking Deradikalisasi: Konstruksi Bina Damai Penanganan Terorisme. ADDIN, 9(1). https://media.neliti.com/media/publications/53953-ID-rethinking-deradikalisasi-konstruksi-bin.pdf.

Kusumawardani, A. dan F. (2004). Nasionalisme. Buletin Psikologi, Tahun XII, No. 2, Desember 2004 61, XII(2), 61–72. http://download.portalgaruda.org/article.

Lembaga Administrasi Negara. (2015). “NASIONALISME” Modul Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Golongan III. LAN. https://doi.org/10.1017/ CBO9781107415324.004.

M.Nasir. (2015). Menristekdikti Ancam Sanksi ke Rektor " Melawan Mahasiswa Radikal " KASKUS.https://www.kaskus.co.id.

Munip, A. (2012). Menangkal Radikalisme Agama di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 159. https://doi.org/10.14421/jpi.2012.12.159-181.

Najmudin. (2011). Studi tentang intervensi etika dan peningkatan moral mahasiswa. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 18(1), 69–83.

Nuriyah, N. (2014). Evaluasi pembelajaran: sebuah kajian teori. Jurnal Edueksos, III(1), 73–86. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article.

Nursalim, M. (2014). Deradikalisasi Terorisme: Studi Atas Epistemologi, Model Interpretasi dan Manipulasi Pelaku Teror. Kalam: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 8(2), 329–346. http://download.portalgaruda.org/article

Rokhmad, A. (2012). Radikalisme Islam dan Upaya Deradikalisasi Paham Radikal (Vol. 20). http://www.metrotvnews.com.

Sayuti, N. (2010). Pengaruh Fasilitas di Rumah dan Motivasi Belajar pada Pembelajaran Fisika melalui Metode Pemberian Tugas terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Trimurjo Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampun. UNILA.

Soedarmo. (2017). Nasionalisme bangsa Indonesia semakin turun. 20 Desember 2017. https://www.merdeka.com/peristiwa/dirjen-polpum-sebut-nasionalisme-bangsa-indonesia-semakin-turun.html.

Sugiyono. (2010). Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung.

Suhardi, Alius. (2017). Penyebaran Paham Radikal di Kampus Sudah Mengkhawatirkan. m https://nasional.sindonews.com/read/1203228/14/kepala-bnpt-penyebaran-paham-radikal-di-kampus-sudah-mengkhawatirkan-149414871.

Widiastuti, A., & Wulandari. (2013). Persepsi dan Sikap Mahasiswa Terhadap Pendidikan Karakter di Prodi Pendidikan IPS UNY. Socia Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 10(2), 139–146. https://journal.uny.ac.id/index.php/sosia/article/viewFile/5350/4653.

Wijayanti, P. A. K. (2017). PSIKOLOGI PENDIDIKAN : TEORI dan APLIKASI (1st ed.). UNPAD.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v3i2.4536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats