HUBUNGAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) SEBAGAI PENDIDIKAN DEMOKRASI TERHADAP PARTISIPASI SISWA DI SEKOLAH

Denny Soetrisnaadisendjaja, Ronni Juwandi, Novan Badrusalam

Abstract


Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah atas dasar permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 8 Kota Serang yang berkaitan dengan perlu adanya peningkatan pengetahuan siswa tentang sikap demokrasi dan kesadaran untuk berpartisipasi secara langsung maupun tidak langsung, baik berupa penyampaian gagasan, ide bahkan suatu penolakan, salah satunya dalam kegiatan OSIS. Identifikasi masalah dalam penelitian ini yaitu : (1) Perlunya peningkatan pengetahuan tentang demokrasi yang termuat kedalam pelajaran PPKn, (2) Kurangnya kesadaran siswa untuk terlibat langsung maupun secara tidak langsung dalam praktik berdemokrasi di sekolah dan (3) Kurangnya partisipasi siswa dalam mengimplementasikan sikap demokrasi di sekolah salah satunya dalam pemilihan ketua OSIS. Rumusan masalah yaitu bagaimana hubungan PPKn sebagai pendidikan demokrasi terhadap partisipasi siswa di sekolah?. Metode yang digunakan dalam penelitian  ini adalah metode korelasional dan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 314 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi product moment untuk mengetahui tingkat hubungan PPKn Sebagai Pendidikan Demokrasi (X) sebagai variabel prediktor terhadap Partisipasi Siswa di Sekolah sebagai variabel terikat (Y). Hasil penelitian ini menunjukan hubungan PPKn sebagai pendidikan demokrasi terhadap partisipasi siswa di sekolah memiliki korelasi dengan tingkat hubungan sedang, hal tersebut berdasarkan pengujian korelasi product moment menggunakan aplikasi SPSS dan microsoft excel diperoleh nilai signifikan sebesar 0,00 hal tersebut lebih kecil dari nilai signifikasi sebesar 0,05 dan diperoleh nilai person korelasi sebesar 0,536. Hasil penelitian ini menunjukan pengaruh positif antara PPKn sebagai pendidikan demokrasi terhadap partisipasi siswa di sekolah, Hal ini berdasarkan nilai koefisien korelasi (R) sebesar = 0,536 dan koefisien determinan (R Square) sebesar = 0,287. Selanjutnya hasil penelitian ini menujukan pengaruh yang signifikan antara PPKn sebagai pendidikan demokrasi terhadap partisipasi siswa di sekolah. Hal ini berdasarkan nilai thitung = 4,994 > ttabel = 1,999 pada taraf signifikansi 0,05.


Full Text:

PDF

References


Astuti D, Siti Irene. 2011. Desentralisasi dan Partisipasi dalam Pendidikan. Yogyakarta : UNY

Cholisin. 2004. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). Diktat, Yogyakarta : Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi UNY.

Cholisin. 2006. Kebijakan Pendidikan dan Pendidikan Demokrasi. Artikel Jurnal EKOFEUM Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi UNM Edisi 03 Februari 2006.

Depdiknas Direktorat Pembinaan SMP. 2006. Pradigma Baru Pembelajaran PPKn

Malik, Fajar. 2004. Karakter Warga Negara yang Demokratis. Jakarta : Bumi Aksara

Prihatin, Eka. 2014. Manajemen Peserta Didik. Bandung : ALFABETA.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

________. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan ke-25. Bandung : Alfabeta.

Yovi. 2013. Pentingnya Pendidikan Politik di Sekolah. Banjarnegara : Skripsi. STIMIK Tunas Bangsa Banjarnegara.

Zamroni. 2007. Pendidikan Demokrasi dan Transisi. Jakarta : PSAP.

Zamroni. 2013. Pendidikan Demokrasi Pada Masyarakat Multikultural. Yogyakarta : Ombak IKAPI




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v4i1.6125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats