PENGGUNAAN BAHAN AJAR PPKN BERBASIS PENDEKATAN JOYFUL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN POLA BERPIKIR KREATIF SISWA

Lina Marlina

Abstract


Pada penelitian ini yang menjadi permasalahan bagaimana siswa Kelas X Administrasi Perkantoran 1 SMK Pasundan 1 Kota Serang dapat belajar dengan menggunakan bahan ajar berupa buku PPKn yang berbasis pendekatan joyful untuk dapat meningkatkan pola berpikir siswa agar siswa lebih dapat berpikir keratif dalam proses pembelajaran di kelas, dan setelah melakukan pra survey diketahui bahwa siswa Kelas X Administrasi Perkantoran 1 pada saat kegiatan proses pembelajaran mengalami kejenuhan pada proses pembelajaran banyak peserta didik yang memiliki keterampilan berpikir rendah dan rasa kepercayaan diri (self efficacy) yang rendah. khususnya ketika pendidik menggunakan bahan ajar berupa buku teks PPKn sebagai media proses pembelajaran yang mengakibatkan siswa kurangnya ketertarikan dalam belajar, sehingg fokus siswa dalam belajar terganggu, pada penelitian ini peneliti berupaya untuk dapat menjadikan permasalahan tersebut menjadi alasan untuk dapat menjadikan proses pembelajaran siswa dapat di terima dengan baik dan siswa diharapkan dapat berpikir keratif. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Dengan itu peneliti mencoba menggunakan bahan ajar PPKn berbasis pendekatan joyful learning untuk meningkatkan pola berpikir kreatif siswa, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sejauh mana bahan ajar PPKn yang berupa buku teks yang berbasis pendekatan yoiful learning pada proses pembelajaran untuk meningkatkan pola berpikir kreatif siswa pada kelas X Administrasi Perkantoran 1 SMK Pasundan 1 Kota Serang, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan pola berpikir kreatif siswa ketika guru atau pendidik menggunakan bahan ajar PPKn berbasis pendekatan joyful learning.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v5i1.8248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats