Penerapan media balok magnet dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan terhadap anak dengan hambatan intelektual

Reza Febri Abadi, Dedi Mulya, Dara Ayu Rosaliana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui data dan informasi mengenai penerapan media balok magnet dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan terhadap anak dengan hambatan intelektual kelas III SDKh di SKh Elok Asri Kota Serang. Desain yang digunakan adalah A-B-A dan metode penelitian ini ialah kuasi eksperimen dengan subyek tunggal atau single subyek research (SSR). Subjek penelitian ini adalah anak dengan hambatan intelektual. Pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan tes membaca dengan sembilan soal, target behavior pada penelitian ini adalah membaca permulaan dengan membaca huruf bilabil yang terdiri dari huruf p, b dan m dan huruf dental yang terdiri dari huruf n, t, f, l, s, dan r. Data yang telah diperoleh akan dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan data dari penelitian yang telah dianalisis menunjukkan hasil yang cukup baik, dimana adanya perubahan yang lebih baik terhadap kemampuan membaca anak dibandingkan kemampuan awal anak sebelum adanya intervensi melalui media balok magnet. Hal ini dapat diketahui melalui hasil penyajian data melalui tabel disetiap fasenya dengan mean level baseline 1 (A-1) adalah 33 dan, intervensi (B) adalah 60,8 dan mean level untuk baseline 2 (A-2) ialah 45,8. Hal tersebut dapat terlihat adanya peningkatan pada penelitian ini meskipun ada beberapa fase yang memiliki kecenderungan stabilitas yang tidak stabil sebab masih dibawah kriteria stabilitas data. Akan tetapi, media balok magnet ini mampu meningkatkan keterampilan membaca permulaan anak.

 

 

Abstract: The purpose of this study is to find out the data and information on the application of magnetic beam media in improving the initial reading skills of children with intellectual barriers in grade III SDKh in SKh Elok Asri Serang City. The design used is A-B-A and this research method is a ucius experiment with a single subject or single research subject (SSR). The subject of this study was a child with intellectual barriers. Data collection is an observation and reading test with nine questions, the target behaviour in this study is to read the beginning by reading bilabial letters consisting of the letters p, b and m and dental letters consisting of the letters n, t, f, l, s, and r. The data that has been obtained will be analyzed using descriptive statistics. Based on data from the research that has been analyzed shows quite good results, where there is a better chance in the child's reading ability than the initial ability of the child before the intervention through the medium of magnetic beams. This can be known through the results of presenting data through tables in each phase with the mean baseline level 1 (A-1) being 33, intervention (B) being 60.8 and the mean level for baseline 2 (A-2) being 45.8. This can be seen as an improvement in this study although there are several phases that have a tendency to stability that is unstable because it is still below the data stability criteria. However, this magnetic beam medium is able to improve the child's early reading skills.


Keywords


Media Pembelajaran Balok Magnet; Keterampilan Mambaca Permulaan; Anak Dengan Hambatan Intelektual

Full Text:

Fulltext PDF

References


Dwiarti, R. (2013). Peningkatan kemampuan membaca permulaan menggunakan permainan kartu kata pada anak kelompok B TK Masyithoh Ngasem Sewon Bantul Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Gulo, W. (2002). Metodologi penelitian. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Haryadi. (2006). Retorika membaca: model, metode dan teknik. Semarang: Rumah Indonesia.

Hornory, S, dkk. (2014). Enchaching reading skill and reading self-concept of children with reading defficulties: adopting a dual approach intervention. Australian Journal Of Education & Developmental Psychology. Vol. 14, 2014, pp.131-143.

Ihsan, F. (2008). Dasar-dasar kependidikan: Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta.

Jamaris, Martini. (2014). Kesulitan belajar: perspektif, asesmen dan penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemis, & Rosnawati, A. (2013). Pendidikan anak berkebutuhan khusus tunagrahita. Jakarta: PT. Luxima Media.

Meimulyani, Y., & Caryoto, C. (2013). Media pembelajaran adaptif. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.

Mr. Lado. (1996). Membaca cepat dan efektif. Jakarta: Gramedia Utama.

Munzanayah. 2000. Tunagrahita. Surakarta: Depdiknas.

Murni, S. (2015). Keefektifan membaca permulaan melalui metode struktural analitik sintetik (sas) pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas I di MI Miftakhul Akhlaqiyah Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Universitas Negeri Islam Walisongo Semarang.

Purwanta, E. (2012). Modifikasi perilaku: alternatif penanganan anak berkebutuhan khusus. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putra, M, K, M. (2017). Tungrahita PIBK.: https://id.scribd.com/document/340546557/Tunagrahita-PIBK.

Rahim, F. (2018). Pengajaran membaca di sekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media flashcard pada siswa kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650.

Somantri, S. (2007). Psikologi anak luar biasa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suhartono. (2005). Pengembangan keterampilan bicara anak usia dini. Jakarta: Depdiknas.

Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2005). Pengantar penelitian dengan subjek tunggal. Jepang: CRICED University Of Tsukuba.

Sunarni. (2014). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media animasi pada anak kelompok B1 TK KKLKMD Sedyo Rukun Bambanglipro Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri.

Zubaedah, E. (2013). Kesulitan membaca pada anak: diagnosa dan cara mengatasinya. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v6i1.11864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats