Dampak smartphone pada anak dengan hambatan intelektual ringan-sedang

Neti Asmiati, Muhammad Iftikar Maureza

Abstract


Dewasa ini, smartphone atau gadget menjadi kebutuhan pokok dari setiap individu di masyarakat. Mulai dari proses administrasi di sekolah maupun di beberapa lembaga, hingga untuk KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) Salah satu manfaat smartphone adalah memudahkan serta dapat mempercepat proses administrasi. Canggihnya smartphone saat ini membuat beberapa individu kecanduan memainkannya, sehingga lupa waktu, sampai dapat mempengaruhi mental seseorang terutama dalam aspek sosialnya. Anak dengan hambatan intelektual merupakan salah satu individu yang rentan terhadap dampak negatif dari penggunaan smartphone karena mereka tidak bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan smartphone pada aspek sosial dan akademik anak dengan hambatan intelektual ringan-sedang di SLB Negeri Tanjung Pandan. Penelitian ini menggunakan merupakan penelitian deskriptif kulitatif,. Hasil penelitian menunjukan peneliti menemukan adanya dampak pada aspek sosial yaitu anak menjadi kecanduan, munculnya perilaku khusus yang ditirunya dari internet. Sedangkan dampak pada aspek akademik yaitu anak menjadi terbiasa tidur larut malam sehingga pada pagi hari atau waktu sekolah anak mengantuk dan dapat mempengaruhi prestasi anak.

 

 

Abstract: Today, smartphones or gadgets are a basic need of every individual in society. Starting from the administrative process at schools and in several institutions, to KBM (Teaching and Learning Activities). One of the benefits of smartphones is that it makes it easier and can speed up the administrative process. The sophistication of smartphones today makes some individuals addicted to playing them, so they forget the time that they can affect a person's mentality, especially in the social aspect. Children with intellectual disabilities are individuals who are vulnerable to the negative impacts of using smartphones because they cannot distinguish between good and bad. The purpose of this study was to determine the impact of smartphones on the social and academic aspects of children with mild-moderate intellectual disabilities at SLB Tanjung Pandan. This study uses descriptive qualitative research. The results showed that researchers found an impact on social aspects, namely children becoming addicted, and the emergence of special behaviors that were imitated from the internet. While the impact on the academic aspect is that children become accustomed to sleeping late at night so that in the morning or at school the child is sleepy which can affect the child's achievement.


Keywords


smartphone; gadget; tunagrahita; dampak; anak dengan hambatan intelektual

Full Text:

Fulltext PDF

References


Maryanto, A. (2019). Dampak smartphone terhadap perkembangan sosial dan keagamaan anak usia baligh di Desa Bandu Agung Kecamatan Kaur Utara Kabupaten Kaur (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).

Videa. (2016). Advertising Terminology: A Primer for the Uninitiated or Confused.

Yosiani, N. (2014). Relasi karakteristik anak tunagrahita dengan pola tata ruang belajar di sekolah luar biasa. E-Journal Graduate Unpar, 1(2), 111-124.

Yuniati, Y., Yuningsih, A., & Nurahmawati, N. (2015). Konsep diri remaja dalam komunikasi sosial melalui “Smartphone”. MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 31(2), 439-450.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v6i1.11874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats