Pengembangan pedoman observasi anak berkesulitan membaca (dyslexia)

Deasy Yunika Khairun, Ibrahim Al Hakim, Reza Febri Abadi

Abstract


Penelitian bertujuan menghasilkan sebuah produk yang berupa pedoman observasi bagi guru bimbingan dan konseling untuk mengidentifikasi anak berkesulitan membaca (disleksia). Metode yang digunakan adalah Research and Development. Tujuan research and development adalah menghasilkan sebuah produk tertentu dan menguji keefektifan dari sebuah produk. Tahapan-tahapan pengembangan pedoman observasi adalah (1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) uji coba pemakaian. Hasil validitas pedoman observasi adalah 0.79 (tinggi) dan tingkat reliabilitas 0.58 (sedang).

 

 

Abstract: This study aims to produce a product in the form of an observation guide for guidance and counselling teachers to identify children with reading difficulties (dyslexia). The method used is Research and Development. The purpose of research and development is to produce a certain product and test its effectiveness of a product. The stages of developing observational guidelines are (1) potential problems, (2) data collection, (3) product design, (4) design validation, and (5) usage trials. The results of the validity of the observation guidelines are 0.79 (high) and the level of reliability is 0.58 (medium).


Keywords


Disleksia; Pedoman Observasi; Siswa;

Full Text:

Fulltext PDF

References


Erskine, J. M., & Seymour, P. H. (2005). Proximal analysis of developmental dyslexia in adulthood: The cognitive mosaic model. Journal of Educational Psychology, 97(3), 406.

Komalasari, G., Wahyuni, E., & Karsih. (2011). Teori dan teknik konseling. Jakarta: PT Indeks.

Lidwina, S. (2012). Disleksia berpengaruh pada kemampuan membaca dan menulis. Jurnal Stie Semarang (Edisi Elektronik), 4(3), 09-18.

Loeziana, L. (2017). Urgensi mengenal ciri disleksia. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 42-58.

Morton, J., & Frith, U. (1995). Causal modeling: A structural approach to developmental psychopathology. In D. Cicchetti & D. J. Cohen (Eds.), Developmental psychopathology, Vol. 1. Theory and methods (pp. 357–390). John Wiley & Sons.

Mulyadi. (2010). Diagnosis dan kesulitan belajar (bimbingan terhadap kesulitan belajar khusus). Yogyakarta: Nuha Litera.

Munawaroh, M., & Anggrayni, N. T. (2015). Mengenali tanda-tanda disleksia pada anak usia dini. Proseding Seminar Nasional PGSD UPY dengan Tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar ketika Murid Anda seorang Disleksia. Universitas PGRI Yogakarta

Pautina, A. R. (2016). Efektivitas konseling kognitif dalam mengatasi disleksia pada anak kelompok B TK Damhil DWP UNG Kota Gorontalo tahun ajaran 2014/2015. Irfani, 12(1), 146-158.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v6i1.11877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats