Penggunaan teknik modelling untuk meningkatkan kepercayaan diri anak tunadaksa

Haifa Nurul Ghassani, Yuni Tanjung Utami, Dedi Mulya

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan yang penelitin di TK Mutiara Ilmu Kota Serang, yaitu pada anak tunadaksa. Peneliti telah melakukan pengamatan terlebih dahulu guna mengetahui kebutuhan yang dimiliki serta mengetahui kondisi seorang anak tunadaksa usia dini yang kehilangan salah satu tangannya. Dari hasil yang didapatkan pada pengamatan awal ternyata subjek tidak memiliki banyak kegiatan selain kegiatannya di sekolah, subjekpun enggan untuk menyapa ataupun disapa oleh orang lain sehingga subjek kurang bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Pada saat pengamatan awal ditemukan juga bahwa anak memiliki karakteristik yang pemalu dan sangat kurang percaya diri. Kurangnya kepercayaan diri yang dialami oleh subjek ini disebabkan karena subjek merasa berbeda dan memiliki kekurangan dibandingkan teman-temannya sehingga membuatnya menarik diri dari lingkungan bermainnya. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan desain A-B-A dengan menggunakan pendekatan subjek tunggal atau biasa sering disebut dengan single subjek research (SSR). Single Subject Research (SSR) sengaja diterapkan guna memberikan perlakuan kepada subjek secara individual dengan tujuan agar memberikan perubahan kepada subjek yang diteliti dengan lebih akurat. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah menggunakan metode eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan berupa statistik deskriptif yang dituangkan dalam bentuk grafik pada penelitian ini. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik modelling dapat meningkatkan kepercayaan diri. Hal ini dibuktikan dari perbandingan hasil pada fase baseline 1 (A1) dengan memperoleh nilai akhir 33,33% data ini diperoleh dari kondisi alami subjek sebelum diberikannya perlakuan atau intervensi berupa teknik modelling, lalu pada fase intervensi berupa pemeberian perlakuan dengan menerapkan teknik modellingmemperoleh nilai persentase di sesi terakhir sebanyak 87,5% data ini diperoleh dari hasil perlakuan yang telah diberikan, selanjutnya pada fase baseline 2 (A2) memperoleh nilai persentase akhir 66,66% data ini diperoleh dari kondisi subjek setelah diberikannya perlakuan atau intervensi.

 

Abstract: The background of this research is the problem that the research conducted at Mutiara Ilmu Kindergarten in Serang City, namely in children with disabilities. Researchers made observations first to find out their needs and the condition of an early childhood quadriplegic child who lost one of the actions. From the results obtained in the initial observations, it turned out that they did not have many activities other than their activities at school. The subject was reluctant to greet or be greeted by other people, so the subject did not socialize with the surrounding environment. At the time of initial observation, it was also found that the child had the characteristics of a lack of self-confidence. the confidence experienced by the subject is caused because the subject feels different and has shortcomings compared to his friends, so he withdraws from his playing environment. The design used in this study was the A-B-A design using a single subject approach or commonly referred to as single subject research (SSR). Single Subject Research (SSR) is deliberately applied to provide treatment to subjects individually to provide changes to the subjects studied more accurately. The research method used by the researcher in this research is using the experimental method. Data analysis techniques are used in the form of statistics the form of graphs in this study. The results of the study indicate that modeling techniques can increase self-confidence. This is evidenced by comparing results in baseline phase 1 (A1) by obtaining a final value of 33.33%. This data was obtained from the natural condition of the subject before being given treatment or intervention in the form of modeling techniques, then in the intervention phase, giving a treatment by applying modeling techniques to obtain a percentage value. in the last session, as much as 87.5% of this data was obtained from the results of the treatment that had been given, then in baseline phase 2 (A2), the final percentage value was 66.66%. This data was obtained from the condition after being given treatment or intervention.


Keywords


Kepercayaan diri; teknik modelling; anak tunadaksa

Full Text:

Fulltext PDF

References


Andini, C. (2017). Kecemasan sosial anak tunadaksa ditinjau dari penerapan terapi lagu anak di YPAC Semarang dan SLB N Ungaran. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, S. (2002). Metode penelitian satu pendekatan proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Indra Anindita Pritha, I. A., & Widiasavitri Nugrahaeni, P. (2015). Proses penerimaan diri pada remaja tunadaksa berprestasi yang bersekolah di sekolah umum. Jurnal Psikologi Udayana, 223.

Mumpuniarti. (2001). Pendidikan anak tunadaksa. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Nisa, K., Mambela, S., & Badlah Isni, L. (2018). Karakteristik dan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Abadimas Adi Buana , 38.

Nugroho, B. N. (2010). Romantisme cinta pada pasangan suami atau isteri yang menyandang tunadaksa. Surakarta: Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Purwanta, E. (2015). Modifikasi perilaku.Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.

Somantri, S. (2006). Psikologi anak luar biasa. Bandung: Refika Aditama.

Statistik, B. P. (2020). Jumlah penyandang disabilitas di Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS).

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, cv.

Widiasari, Y., & Pujiati, D. (2016). Modifikasi perilaku pada anak usia dini. Psycho Idea, 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v6i2.12958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats