Interaksi sosial siswa reguler terhadap siswa dengan hambatan intelektual di SMP penyelenggaraan pendidikan inklusif

Nabilla Shelomita, Dedi Mulya, Reza Febri Abadi

Abstract


Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, terdapat beberapa perilaku siswa reguler di SMP penyelenggaran inklusif terhadap interaksi sosial anak dengan hambatan intelektual. Lokasi penelitian ini di SMP Madani Islamic School. Subjek berjumlah 9 orang yang terdiiri, 2 orang siswa dengan hambatan intelektual, 4 orang siswa reguler, 2 orang guru kelas dan 1 orang kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil reserch dan uji validasi data diketahui bahwa interaksi sosial antara siswa reguler dan siswa dengan hambatan intelektual tidak ada yang mendeskriminasi. Hasil penelitian yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi menunjukkan bahwa hasil penelitian untuk interaksi sosial siswa reguler dan siswa hambatan intelektual cukup baik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa siswa reguler dengan siswa dengan hambatan intelektual baik dalam hal sikap interaksi sosial siswa reguler dengansiswa dengan hambatan intelektual tidak ada yang mendeskriminasi ataupun menjahuinya.

 

Abstract: Based on the results of observations and interviews, there are several behaviors of regular students in inclusive junior high schools towards social interactions with children with intellectual disabilities. This research took place at Madani Islamic School. The subjects were nine people consisting of 2 students with intellectual disabilities, four regular students, 2 class teachers, and one principal. This research uses a qualitative approach with a descriptive type. Data collection methods used observation, interviews, and documentation. Data analysis using descriptive qualitative. Based on the results of the research and data validation test, it is known that social interactions between regular students and students with intellectual disabilities do not discriminate. The results of the research obtained through interviews, observations, and documentation show that the results of research for social interactions of regular students and students with intellectual disabilities are quite good. The conclusion of the results of this study is that regular students with intellectual disabilities are good in terms of social interaction attitudes of regular students with intellectual disabilities; no one discriminates against or shadows them.


Keywords


Interaksi Sosial; Siswa Reguler; Siswa dengan Hambatan Intelektual

Full Text:

Fulltext PDF

References


Budiyanto, dkk. (2009). Modul trainingof trainers pendidikan inklusif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Caplin. (1999). Kamus lengkap psikolog. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

E, Kosasih. (2012). Cara bijak memahami anak berkebeutuhan khusus. Bandung: Yrama Widya.

Jalaludin, R. (2002). Psikologi komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Jati, A R. (2017). Pendidikan dan bimbingan anak berkebutuhan khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mahmud, dkk. (2015). Pendidikan lingkungan sosial budaya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nazir, M. (2014). Metode penelitian. Bogor: Ghalia.

Purwanto, N. (2019). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sarlito, S W. (2010). Pengantar umum psikologi. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Sarwan, W S. (2002). Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka.

Somantri, S. (2006). Psikologi anak luar biasa. Bandung: PT.Refika Aditama.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan pendekatana kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Walgito, B. (2002). Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: ANDI.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v6i2.12960

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats