Penerapan metode phonetic placment untuk meningkatkan kemampuan pengucapan konsonan bilabial

Lusiana Lusiana, Reza Febri Abadi, Yuni Tanjung Utami

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan yang peneliti temukan di SKh Al-Karim Cikedal Pandeglang Banten, yaitu pada anak dengan hambatan fisik motorik kelas IV SDKh dalam kemampuan pengucapan konsonan bilabial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode phonetic placment memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan pengucapan konsonan bilabial [p], [b], [m], [w], di awal, di tengah, dan di akhir kata pada anak dengan hambatan fisik motorik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan single subject research. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, dokumntasi dan instrumen. Hasil yang diperoleh subject dilihat dari perubahan level data pada analisis antar kondisi pada fase intervensi (B) ke baseline-1 (A1) meningkat sebesar (46) poin akibat diberikannya perlakuan. Sedangkan pada fase baseline-2 (A2) ke intervensi (B) mengalami peningkatan sebesar (-18) poin. Walaupun pada fase baseline-2 (A2) data yang diperoleh lebih rendah dari fase intervensi, namun data yang diperoleh lebih tinggi lebih tinggi dari fase baseline-1 (A1).selain itu, data overlap pada fase intervensi (B) ke baseline-1 (A1) dan fase baseline-2 (A2) ke intervensi (B) memiliki persentase overlap 0%. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat menjawab hipotesis bahwa dengan penerapan metode phonetic placment kemampuan pengucapan konsonan bilabial pada satu anak dengan dengan hambatan fisik kelas IV SDKh Meningkat.

 

Abstract: This study is motivated by the problems that researchers found in SKh Al-Karim Cikedal Pandeglang Banten, namely in children with physical motor barriers in class IV SDKh in the ability to pronounce bilabial consonants. This study aims to determine whether the application of the phonetic placment method has a significant effect in improving the ability to pronounce bilabial consonants [p], [b], [m], [w], in the beginning, in the middle, and at the end of words in children with physical motor barriers. The type of research used is experimental research with single-subject research. The data collection techniques used are observation, documentation, and instruments. The results obtained by the subject are seen from the change in data levels in the analysis between conditions in the intervention phase (B) to baseline-1 (A1) increased by (46) points due to the treatment given. While in the baseline-2 (A2) to intervention (B) phase, there was an increase of (-18) points. Although in the baseline-2 (A2) phase, the data obtained was lower than in the intervention phase, the data obtained was higher than in the baseline-1 (A1) phase. In addition, the overlap data in the intervention phase (B) to baseline-1 (A1) and baseline-2 (A2) phase to intervention (B) had a 0% overlap percentage. Thus the results of this study can answer the hypothesis that with the application of the phonetic placment method, the ability to pronounce bilabial consonants in one child with physical disabilities in class IV SDKh Increased.


Keywords


Anak dengan Hambatan Fisik Motorik; Metode Phonetic Placment; Konsonan Bilabial

Full Text:

Fulltext PDF

References


Aley, R. (2010). Intisari pintar olah vokal. Yogyakarta: PT. Gramedia.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Efendi.

Hernawati, T. (2011). Pendekatan dan media pembelajaran artikulasi fungsi optimalisasi pendengaran(Modul) . Jurusan Pendidikan Luar Biasa UPI Bandung.

Juang dkk. (2006). Pengantar penelitian dengan subjek tunggal. Bandung: UPI Press.

Kusdarini, K. (2014). Penerapan metode phonetic placment untuk meningkatkan kemampuan pengucapan konsonan bilabial /m/ pada anak tunarungu”. Skripsi. FIP, Pendidikan Khusus, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Muhammad. (2008). Pengantar psikopedagogik anak berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslich, M. (2009). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sadja‟ah, E. (2003). Layanan dan latihan artikulasi bagi anak tunarungu. Bandung: San Grafika.

Somantri, S. (2006). Psikologi anak luar biasa. Bandung: PT Refika Aditama.

Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar proses/ belajar mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kombinasi (mixed method). Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Syah, M. (2007). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya .




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v6i2.12961

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats