Penggunaan media roda putar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak dengan hambatan intelektual ringan

Amanda Noviyanti, Reza Febri Abadi, Toni Yudha Pratama

Abstract


Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SKh Pelangi Anakku Kota Tangerang terdapat permasalahan pada anak dengan hambatan interlektual ringan di kelas IV SDKh yang belum mampu dalam membaca permulaan, yaitu membaca kata. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh data dan informasi mengenai penerapan media pembelajaran roda putar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak dengan hambatan intelektual ringan kelas IV SDKh Pelangi Anakku Kota Tangerang. Peneliti menggunakan metode eksperimen dalam penelitian ini melalui pendektakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Perkembangan subjek dapat dilihat melalui fase baseline 1 (A-1), Intervensi (B), dan Baseline 2 (A-2). Subjek pada penelitian ini yaitu anak dengan hambatan intelektual ringan kelas IV SDKh Pelangi Anakku. Target behavior pada penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Pengumpulan data dalam peilitian ini yaitu dengan cara observasi dan tes. Pemerolehan data dianalisis melalui data statistik deskriptif dengan penyajian grafik. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa media roda putar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak dengan hambatan intelektual ringan kelas IV SDKh Pelangi Anakku Kota Tangerang. Hal ini dapat dilihat melalui peningkatan mean level pada fase baseline 1 (A-1) sebesar 33, fase intervensi (B) sebesar 63,12, dan fase baseline 2 (A-2) sebesar 48. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa penerepan media roda putar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak dengan hambatan intelektual ringan kelas IV SDKh Pelangi Anakku Kota Tangerang.

 

Abstract: Based on the observations that have been done in SKh Pelangi Anakku Tangerang there are problems in children with mild intellectual barriers in grade IV SDKh who have not been able to read the beginning, namely reading words. This research aims to obtain data and information about the application of rotary wheel learning media in improving the ability to read early for children with light intellectual barriers in grade IV SDKh Pelangi Anakku Tangerang City. Researchers used experimental methods in this study through single subject research (SSR) with an A-B-A design. The development of the subject can be seen through baseline phases 1 (A-1), Intervention (B), and Baseline 2 (A-2). The subject of this study was a child with light intellectual barriers in grade IV SDKh Pelangi Anakku. The target behavior in this study is to improve the ability to read early. Data collection in this study is by observation and test. Data acquisition is analyzed through descriptive statistical data with the graphic presentation. The results of the research showed that rotary wheel media could improve the ability to read early for children with light intellectual barriers in grade IV SDKh Pelangi Anakku Tangerang City. This can be seen through the increase in mean level in baseline phase 1 (A-1) by 33, intervention phase (B) by 63,12, and baseline phase (A-2) by 48. Based on the results of data analysis, it can be concluded that the suppression of rotary wheel media can improve the ability to read the beginning of children with light intellectual barriers grade IV SDKh Pelangi Anakku Tangerang City.

 

Keywords


Media Pembelajaran Roda Putar; Keterampilan Mambaca Permulaan; Anak Dengan Hambatan Intelektual Ringan.

Full Text:

Fulltext PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/unik.v6i2.12989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa)

Creative Commons License
Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK.

 

Jurnal Unik Stats